Jumat 06 May 2022 15:54 WIB

Musim Berburu Ikan di Pulau Farasan Saudi

Pada musim berburu ikan akan terdapat limpahan ikan dari berbagai jenis.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Ikan-ikan di Kepulauan Farasan, Arab Saudi
Foto:

Kingfish sering ditangkap dengan jaring besar. Namun di Jazan mereka memiliki ritual memancing khusus, dengan perjalanan memancing dimulai pada malam hari dan ikan tertarik dengan pencahayaan yang ada.

Mereka ditangkap dalam jumlah besar oleh nelayan Jazan, kemudian didistribusikan ke seluruh Kerajaan, termasuk Jeddah dan Riyadh, di mana ikan ukuran besar ini sangat diminati.

“Lelang kingfish dimulai di pasar ikan pusat untuk ukuran yang lebih besar, karena yang besar dijual dengan harga berkisar antara 600 hingga 1.500 riyal Saudi ($150 hingga $400),” kata Hunaishi.

Musim kunnah juga dikenal sebagai musim ikan kakatua. Orang-orang Jazan menyambut muslim ini setiap tahun dengan nyanyian, drum, tarian dan banyak lagi, mengingat semua karunia yang menyertainya.

Dalam sebuah fenomena khusus untuk Jazan, Hipposcarus harid berkumpul di kawanan berenang di sinkronisitas untuk membentuk bola raksasa lebih dari seribu ikan. Tahun ini menandai festival memancing Harid tahunan ke-18, yang diadakan di wilayah tersebut untuk merayakan memancing harid Hipposcarus.

Jenis ikan ini memiliki warna cerah dan ukuran yang berbeda. Mereka berubah warna saat tumbuh dan warnanya bervariasi antara jantan dan betina. Mereka dianggap seperti burung beo karena mereka memiliki gigi yang digunakan untuk mengikis makanan dari terumbu karang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement