Selasa 10 May 2022 19:50 WIB

Kebangkitan Klan Marcos di Pemilu Filipina

Lebih dari 95 persen suara dihitung dan Marcos mendapatkan sekitar 30 juta suara.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Calon presiden, mantan senator Ferdinand Bongbong Marcos Jr, putra mendiang diktator, memberi isyarat saat dia menyapa kerumunan selama kampanye di Quezon City, Filipina pada 13 April 2022.
Foto:

Baik Marcos Jr dan ibunya Imelda dengan cepat kembali ke dunia politik, membangun kembali jaringan politik saat mereka berjuang melawan banyak kasus untuk memulihkan kekayaan keluarga. Keluarga mereka telah mempertahankan kekayaan yang diperoleh.

Imelda Marcos terpilih menjadi anggota kongres selama empat periode. Sementara itu, putranya menghabiskan 21 tahun di kantor publik, melayani di kongres dan sebagai gubernur di provinsi Ilocos Norte. Dia gagal mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada 2016.

Tapi, keluarga ini berhasil membangun peran politik profil tinggi keluarga Marcos, termasuk saudara perempuan Marcos, Imee, menjabat seorang senator. Ditambah keluarga itu pun sukses berkampanye media sosial dengan mengecilkan pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi selama pemerintahan ayah mereka dan menyebutnya sebagai "zaman keemasan" kemakmuran ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Filipina mencatat pertumbuhan yang kuat selama sebagian besar tahun 1970-an tetapi kekayaannya anjlok pada awal 1980-an karena utang dan suku bunga global melonjak. Data Bank Dunia menunjukan, ekonomi mengalami kontraksi hampir 15 persen dalam dua tahun terakhir pemerintahan Marcos.

Dengan separuh pemilih berusia antara 18 dan 40 tahun, kampanye media sosial menemukan penggemar yang reseptif. "Ini juga merupakan pemilih generasi baru. Tidak ada yang hidup melalui era Marcos dan pasca-Marcos," kata warga Filipina dan profesor studi Asia di University of Hawaii-Manoa Patricio Abinales.

 

Selain samping Marcos, anggota klan Marcos lainnya juga telah memenangkan pemilihan menurut penghitungan tidak resmi. Putra Macron, Sandro, tampaknya akan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat, putra saudara perempuannya Imee, Matthew Manotoc, kemungkinan akan diangkat kembali sebagai gubernur provinsi Ilocos Norte, kerabat lainnya sebagai wakil gubernur, dan satu lagi sebagai walikota Kota Laoag.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement