Selasa 17 May 2022 16:10 WIB

Masih Bugar di Usia 77 Tahun, Seperti Ini Cara Tom Selleck Menua dengan Baik

Tom Selleck mengaku tak suka ke gym maupun golf.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Tom Selleck tetap bugar di usia 77 tahun.
Foto: EPA/NINA PROMMER
Aktor Tom Selleck tetap bugar di usia 77 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Tom Selleck tampak masih cukup bugar di usianya yang ke-77 tahun. Kendati demikian, tentu ada saja masalah kesehatan yang dirasakan bintang Magnum PI dan Blue Bloods itu.

Selleck mencoba meminimalisirnya dengan tetap aktif di usia senja. Ia mengakui bahwa tubuhnya memang tidak seperti dulu lagi. Selain karena faktor usia, ada pula efek jangka panjang akibat yang dilakukan dalam pekerjaan terdahulu.

Baca Juga

"Kau tahu, punggungku agak sakit. Ketika melakukan aksi di film, saya melakukan banyak hal. Anda mengambil risiko, tetapi Anda juga banyak duduk. Jadi Anda mungkin melakukan adegan perkelahian, dan kemudian duduk di kursi, dan itu tidak seperti Anda memiliki pelatih pribadi yang mengatakan, 'Oke, kami siap untuk beraksi, tetapi Tom membutuhkan 10 menit peregangan dan pemanasan," kata Selleck, seperti dikutip dari laman Express.co.uk, Selasa (17/5/2022).

Selleck menepis rumor tentang dirinya yang menderita radang sendi kronis. Berbicara dengan GQ, Selleck hanya menjelaskan bahwa dia ingin tetap aktif di usia tuanya, termasuk dengan bekerja di peternakannya yang memiliki luas 63 hektare.

"Saya tidak suka pergi ke gym. Saya memiliki peternakan seluas 63 hektare dan mengerjakan banyak pekerjaan kasar. Bersih-bersih, menanam pohon. Kami punya sekitar seratus pohon. Saya sendiri mungkin telah menanam seribu pohon," ujarnya.

Selleck menyebut "aktivitas" sebagai salah satu hal utama yang membantunya "menua dengan baik". Dia bermain voli pantai, sesekali softball yang sangat kompetitif, dan mencintai bisbol. Selleck tidak pernah menyukai golf dengan alasan melihat sang ayah.

“Satu hal yang tidak saya lakukan adalah mewarnai rambut saya. Saya muak dengan orang-orang yang berpikir begitu. Buat saya, rambut abu-abu di usia sekarang adalah semacam berkah, mungkin jarang terjadi, tapi begitulah adanya," kata ayah dua anak itu.

Age UK, sebuah badan amal terkemuka, menjelaskan bahwa aktivitas teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung, strok, beberapa jenis kanker, depresi, dan demensia. Selain itu, lebih banyak bergerak membantu keterampilan berpikir seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan mengingat kata-kata serta fakta.

Hal ini akan berkontribusi pada individu sehingga dapat menjalani kehidupan jauh lebih mandiri dan dalam suasana hati lebih baik. Karena itu, badan medis seperti NHS merekomendasikan orang dewasa berusia 65 tahun ke atas harus aktif secara fisik setiap harinya.

Kegiatan harus dilakukan setidaknya dua kali sepekan dan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, serta fleksibilitas. Selain itu, setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang atau 75 menit aktivitas berat harus dilakukan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗحَمَلَتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗوَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰثُوْنَ شَهْرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةًۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”

(QS. Al-Ahqaf ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement