Jumat 17 Jun 2022 06:08 WIB

10 Cara The Simpsons Memengaruhi Dunia Nyata

10 Cara The Simpsons Memengaruhi Dunia Nyata

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
The Simpsons.
The Simpsons.

VIVA – Adakah acara animasi yang mengklaim lebih berpengaruh daripada The Simpsons ? Pada titik ini, mungkin periode acara TV yang paling berpengaruh, animasi atau sebaliknya. Dan apakah Anda menyukai atau membenci Simpsons "baru", Anda tidak dapat menyangkal bahwa pertunjukan tersebut telah menjadi pembangkit tenaga komedi selama lebih dari 30 tahun sekarang.

Tetapi di luar pesta pora yang aneh, keluarga Simpson telah menemukan cara untuk memiliki efek pada dunia nyata juga, terkadang dengan cara yang lebih mengejutkan daripada yang Anda kira. Nah berikut ini akan kami berita tahu Anda sepuluh cara The Simpsons memengaruhi dunia nyata.

 

10. Ini Membantu Memperbaiki Keyboard iPhone

Dunia dibanjiri kesalahan ketik akhir-akhir ini karena tidak sedikit fakta bahwa kita semua mengetik di keyboard kecil dengan jari-jari kita yang gemuk dan gemuk. Tetapi bahkan lebih sulit untuk mengelola bertahun-tahun yang lalu dengan keyboard fisik yang membutuhkan penekanan tombol individual daripada kemudahan relatif dari keyboard multi-sentuh seperti yang kita miliki saat ini. Dan, tampaknya, kita harus berterima kasih kepada  The Simpsons .

Sebelum iPhone ada, semua perangkat seluler menggunakan keyboard fisik karena perangkat multi sentuh, atau keyboard virtual, gagal total. Orang-orang mengharapkan iPhone melakukan hal yang sama. Mengapa? Apple Newton. Itu adalah upaya awal pada perangkat tanpa keyboard fisik, dan pengetikan itu mengerikan. Dalam episode The Simpsons tahun 1994, Dolph yang menggertak mengambil memo di Newton untuk Kearney yang seharusnya mengingatkan mereka untuk memukuli Martin. Sebaliknya, itu mencatatnya sebagai "memakan Martha." Kearney melemparkan Newton ke Martin sebagai hasilnya. 

Lelucon yang sangat sederhana ini menginspirasi tim desain iPhone. Mereka rupanya berbagi lelucon "memakan Martha" di sekitar kantor sepanjang waktu saat mereka mengembangkan keyboard baru. Mereka mengerjakan gagasan itu sampai mereka menghilangkan potensi masalah "memakan Martha" dan mengubah pengetikan seluler selamanya.

9. Telah Mempromosikan Penerimaan eSports

Kami telah berbicara sebelumnya tentang bagaimana esports telah menjadi industri besar yang bernilai miliaran . Meskipun demikian, penerimaan arus utama tidak datang dengan mudah. Sampai hari ini, ada orang yang akan mengejek bagian "olahraga" dari nama itu dan akan sangat terkejut dan bingung dengan berapa banyak uang yang bisa dihasilkan. Tapi penerimaannya tumbuh, dan itu sangat terbantu oleh The Simpsons .

Pada tahun 2019, The Simpsons menayangkan episode di mana Bart bermain game profesional . Disebut sebagai titik kritis budaya , game ini dibuat dengan bantuan Riot Games, perusahaan di belakang League of Legends , serta Team Liquid dari eSports. 

8. Ini Menetapkan Dasar untuk Animasi Dewasa Modern

Budaya pop sering kali merupakan bagian dari ouroboros, memakan dirinya sendiri berulang kali. Film dan acara TV saling merujuk secara konstan dan penulis menambahkan anggukan dan penghormatan pada karya yang sangat sering menginspirasi mereka. Selama 30 tahun terakhir, Anda akan kesulitan menemukan banyak hal di dunia komedi, terutama komedi animasi, yang sama sekali tidak terpengaruh oleh The Simpsons.

Seth MacFarlane, pencipta Family Gu y dan American Dad , memuji The Simpsons dengan dasarnya menciptakan seluruh genre animasi dewasa modern. Dia menyebut pertunjukan itu " sepenuhnya asli " dan pertunjukannya, bersama dengan raksasa animasi lainnya seperti South Park, Beavis and Butthead, King of the Hill, Futurama dan Bob's Burgers semuanya telah melihat kesuksesan mereka dikaitkan dengan jejak yang dikobarkan oleh The Simpsons .

Dan itu tidak berarti pertunjukan meniru The Simpsons atau, dalam kasus sesuatu seperti Rick and Morty , bahkan seperti The Simpsons sama sekali. Tapi dasar yang ditetapkan olehThe Simpsons, dengan ketidaksopanan, kecerdasan dan hati, bisa dibilang apa yang memungkinkan pertunjukan lain ini menemukan ceruk mereka sendiri. 

Pada dasarnya, The Simpsons menunjukkan, untuk pertama kalinya sejak The Flintstones di tahun 1960-an, bahwa kartun bisa ada yang tidak harus hanya untuk anak-anak. Itu bisa mencakup subjek dewasa, bahkan yang gelap, dengan cara yang bisa membuat penonton dewasa tertarik dan terhibur. Itu benar-benar tidak ada sebelum The Simpsons dengan cara yang nyata, dan jika bukan karena mereka, siapa yang tahu jika salah satu acara animasi populer saat ini akan pernah dibuat?

 

7. Pertunjukan Merangkul Spiritualitas

Jika Anda merasa kosong secara rohani, Anda memiliki beberapa cara yang dapat Anda coba untuk lebih mengenal bagian kehidupan itu. Selalu ada bacaan tentang keyakinan apa pun yang Anda minati, atau bahkan berbicara dengan pendeta atau pemimpin spiritual lainnya.

Dan, jika semuanya gagal, Anda dapat fokus pada The Simpsons, yang telah dianggap menyebarkan pencerahan spiritual oleh beberapa sumber yang cukup agung, termasuk Vatikan sendiri.

Selama bertahun-tahun, The Simpsons telah menyentuh isu-isu iman dari berbagai sudut pandang. Kekristenan terwakili dengan baik, tetapi ada juga karakter yang Yahudi, Hindu, Muslim, Buddha, dan banyak lagi. 

Di satu sisi, The Simpsons memang mengolok-olok agama dan para peneliti bahkan menciptakan istilah " Efek Ned Flanders " untuk menjelaskan kecenderungan orang sekuler untuk menghindari pasangan yang berpotensi religius dalam situasi romantis karena keyakinan mereka.

Di sisi lain, Vatikan memuji penanganan acara bertema agama pada tahun 2009. Seperti yang dicatat oleh surat kabar itu, " Homer menemukan di dalam Tuhan perlindungan terakhirnya " dan meskipun dia sama sekali bukan orang yang sempurna atau murid imannya, itu bagian dari inti nya. 

6. Pertunjukan Telah Mengubah Pendidikan dan Cara Siswa Belajar 

Guru selalu mencari cara untuk melibatkan siswa dan membantu mereka belajar dengan lebih baik. Terkadang itu berarti menerapkan budaya pop dan siapa yang lebih baik dari The Simpsons untuk membantu melakukannya? 

Profesor bahasa Inggris Richard Pioreck menggunakan referensi Simpsons selama bertahun-tahun dalam kursus kuliahnya tentang berbagai mata pelajaran. Satu kursus sebenarnya adalah kursus sastra online yang didasarkan sepenuhnya pada pilihan dari pertunjukan mulai dari The Raven karya Edgar Allan Poe hingga A Christmas Carol karya Dickens.

Seorang profesor bahasa Inggris dari Xavier University di Chicago benar-benar ikut menulis sebuah buku berjudul The Simpsons in the Classroom: Embiggening the Learning Experience with the Wisdom of Springfield yang berfokus pada penggunaan pertunjukan sebagai pembantu pengajaran. Sekolah lain telah menggunakan Simpsons sebagai titik awal untuk mengajarkan berbagai topik seperti ekonomi , filsafat , ilmu politik , dan sosiologi .

Ini tidak berarti semua orang menikmati penggunaan referensi Simpsons dalam pelajaran. Pada tahun 2010, lebih dari 400 orang menandatangani petisi untuk membuat sekolah di Inggris menghapus pertunjukan dari modul media yang diajarkan kepada siswa yang berfokus pada satu episode dan pembukaan sebagai cara untuk menunjukkan bahasa di media dan sindiran dan parodi.

 

5. Pertunjukan Telah Menyebabkan Perubahan Bahasa

Sejumlah orang yang mengejutkan akrab dengan kata “ embiggens .” Ini akan membuat Anda mendapatkan hampir setengah juta klik di Google, yang tidak buruk untuk kata yang dibuat The Simpsons pada tahun 1996 . Kata itu, yang berarti "menjadi lebih besar" adalah bagian dari moto kota Springfield "semangat yang mulia membuat orang yang terkecil." Sejujurnya, kata "embiggen" tampaknya sudah ada di abad ke-19 sebagai istilah yang berarti "memberi keberanian" tetapi sebenarnya bukan kata yang digunakan siapa pun. 

Embiggen bukan satu-satunya kontribusi leksikal yang dapat diklaim oleh pertunjukan dan, bahkan jika tidak setiap ucapan masuk ke kamus, mereka masih merupakan bagian penting dari budaya kita. Semua orang tahu apa yang "d'oh!" berarti ketika mereka mendengar dan nomor yang baik akan mengerti bagaimana "cromulent" bekerja dalam sebuah kalimat. Bahkan kata " meh ", meskipun tidak diciptakan oleh The Simpsons , dipopulerkan sebagai apa yang pada dasarnya setara dengan mengangkat bahu. 

Istilah lain seperti "yoink," "tidak mungkin" dan "craptacular" yang selalu berguna diciptakan di acara itu atau diberi kehidupan baru di sana. 

4. Ini Dikreditkan Dengan Membantu Orang Gay Keluar

The Simpsons telah lama mencoba untuk menyeimbangkan ejekan, yang akan kita lihat segera, dengan penerimaan. Ini memberikan pukulan lebih daripada pukulan ke bawah dan telah melakukan banyak hal untuk menunjukkan keragaman dalam berbagai bentuk selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah dalam perlakuannya terhadap karakter gay.

Begitu menonjolnya karakter dan tema gay di acara itu sehingga seorang penulis Jerman menulis seluruh buku tentang itu di mana ia mempelajari 70 karakter gay dan 490 adegan di sepanjang sejarah pertunjukan. Seperti yang dia tunjukkan, The Simpsons adalah pertunjukan pertama yang mendedikasikan seluruh episode untuk subjek pernikahan gay di tahun 2005. 

Penulisnya, Erwin In het Panhuis, bahkan memuji pertunjukan tersebut karena membantu kaum gay keluar berkat penggambaran karakter gay dan homoseksualitas secara konsisten dan positif secara umum.

3. Adanya Peningkatan Keanekaragaman yang Tidak Disengaja dalam Animasi

Karakter Apu menyebabkan beberapa kontroversi serius dalam beberapa tahun terakhir yang memuncak dengan aktor suara Hank Azaria berhenti dari perannya (meskipun bukan pertunjukan di mana dia menyuarakan banyak karakter lain juga).

Ini memicu badai aktor suara lainnya, juga melepaskan peran karakter mereka karena alasan yang sama. Azaria, serta aktor seperti Jenny Slate dari Big Mouth dan Mike Henry dari Family Guy, adalah aktor kulit putih yang menyuarakan karakter minoritas. Mereka semua secara sukarela melepaskan peran mereka setelah beberapa reaksi publik tentang ketidaksetaraan rasial dalam peran suara terungkap dan hasilnya adalah aktor kulit berwarna yang sebenarnya dipekerjakan untuk banyak peran. 

Sebagian besar perubahan ini berasal dari komedian Hari Kondabolu yang film dokumenternya The Problem with Apu berfokus pada bagaimana penggambaran Apu memengaruhinya sebagai anak India yang sebenarnya tumbuh menjadi dewasa dengan karakter dan stereotip yang menyertainya selama hampir 30 tahun. 

2. Memiliki Prediksi Kehidupan Nyata yang Tak Terhitung 

Dalam beberapa tahun terakhir, klaim utama keluarga Simpsons atas ketenaran adalah kemampuannya yang tampaknya tidak wajar untuk memprediksi peristiwa dunia. Bagaimanapun, mereka memang membuat lelucon awal tentang Presiden Donald Trump pada tahun 2000.

Dan selama beberapa tahun ada industri rumahan situs web yang memberi kami daftar semua hal yang telah diprediksi oleh Simpsons, beberapa sedikit lebih berbahaya daripada yang lain. 

Ada sejumlah lelucon menakjubkan yang ternyata mencerminkan peristiwa kehidupan nyata di kemudian hari. Seperti memprediksi Disney akan membeli Fox 19 tahun sebelum itu terjadi. Juga, serangan harimau terhadap Roy Horn dari Siegfried dan Roy. Richard Branson pergi ke luar angkasa .

Pertandingan perebutan medali emas di Olimpiade. Massa partikel Higgs-Boson satu dekade sebelum sains bahkan menemukannya (tidak persis, ingatlah, tapi cukup dekat). Bahkan pada ikan bermata tiga di perairan dekat pembangkit nuklir. 

Ada banyak prediksi lain , banyak di antaranya yang sederhana bahkan nyaris tidak dihitung sebagai kebetulan dan lainnya yang sedikit lebih menakutkan. Ini tentu saja untuk diperdebatkan tentang apakah itu berarti sesuatu atau apakah hidup begitu absurd sehingga penulis kartun dapat memprediksinya dengan cukup akurat sekarang dan nanti. 

1. Satu Episode Telah Menyelamatkan Nyawa

Klaim terbesar untuk mengubah dunia The Simpsons dapat dibuat dalam bentuk Alex Bencze. Bencze berusia 8 tahun pada tahun 1992 ketika salah satu episode paling terkenal dari The Simpsons ditayangkan. Episode ke-17 musim ketiga " Homer at the Bat " menampilkan akting cemerlang dari banyak pemain bisbol profesional dan salah satu lagu terbaik dalam sejarah pertunjukan. 

Di awal episode, Homer hampir mati tersedak donat karena semua orang mengabaikannya. Lenny kemudian tampaknya menunjukkan poster yang menunjukkan manuver Heimlich, tapi lucunya dia fokus pada selembar kertas untuk mendaftar softball. Homer memperbaiki dirinya sendiri dan episode berlanjut. 

Dalam kehidupan nyata, Bencze bersama saudaranya ketika dia tersedak jeruk. Saudara laki-lakinya yang berusia 10 tahun, Chris, mengingat poster dari episode tersebut dan menampilkan Heimlich pada Alex, menyelamatkan hidupnya. Lelucon sederhana itu benar-benar menyelamatkan satu nyawa. Hal yang sama terjadi lagi di Inggris pada tahun 2007 ketika seorang anak tersedak sandwich.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement