Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

9 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

PKS akan Komunikasikan Poros Alternatif untuk Pilih Capres

Selasa 21 Jun 2022 09:24 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Presiden PKS Ahmad Syaikhu (tengah) usai pelaksanaan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (21/6).

Presiden PKS Ahmad Syaikhu (tengah) usai pelaksanaan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (21/6).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Poros alternatif ini akan menunjuk satu sosok yang akan diusung sebagai capres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyelesaikan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) yang digelar pada 20-21 Juni. Salah satu hasilnya adalah PKS bersepakat untuk terus menjalin komunikasi dengan partai lain untuk membentuk poros koalisi baru atau alternatif.

Poros alternatif ini akan menunjuk satu sosok yang akan diusung sebagai calon presiden (capres). "Pertama, PKS akan terus membangun komunikasi secara intensif dengan partai politik lain sebagai upaya membentuk poros baru atau poros alternatif. Untuk selanjutnya menyepakati capres-cawapres potensial yang memiliki peluang kemenangan yang besar," ujar Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

PKS menginginkan agar capres yang diusung oleh koalisi tersebut memiliki kualitas dan komitmen untuk memberikan yang terbaik untuk masa depan Indonesia, serta kemampuan menghindari bangsa ini dari polarisasi. Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS telah menampung nama-nama capres yang merupakan usulan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS. 

Nantinya, usulan tersebut akan menjadi masukan bagi Majelis Syura PKS dalam menentukan koalisi dan pengusungan capres. "Usulan DPW PKS se-Indonesia terkait bakal calon presiden dan calon wakil presiden, mengusulkan nama-nama bakal capres dan cawapres kepada Majelis Syuro PKS, karena ranahnya memang ranah Majelis Syura," ujar Syaikhu.

Kendati demikian, ia tak mengungkapkan nama-nama bakal calon presiden yang diusulkan oleh DPW PKS dalam forum Rapimnas tersebut. Mantan wali kota Bekasi itu hanya menyampaikan enam kriteria bakal capres yang disampaikan ke Majelis Syuro PKS.

Pertama adalah memiliki integritas dan rekam jejak yang baik. Kedua berjiwa nasionalis dan religius. Selanjutnya, mendapatkan dukungan yang tinggi dari rakyat. Keempat, memiliki pengalaman dan kemampuan untuk memimpin dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

"Kelima berkomitmen untuk menyatukan seluruh komponen anak bangsa dan yang keenam berkomitmen melayani rakyat," ujar Syaikhu. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile