Ahad 16 Oct 2011 14:32 WIB

Putri Sri Sultan HB X, GKR Bendara Lakukan 'Plangkahan'

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Ahad (16/10) merupakan hari pertama prosesi royal wedding putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X, GKR Bendara dengan KPH Yudanegara yakni berupa upacara plangkahan dan ngabekten untuk pengantin putri serta nyantri untuk pengantin pria.

Pengantin pria menjalani upacara nyantri dari ndalem Mangkubumen menuju Bangsal Kasatriyan. Dari ndalem Mangkubumen pengantin pria dijemput utusan dalem KRT Jatiningrat dan KRT Yudahadiningrat sekitar pukul 09.15 WIB.

Selama dalam perjalanan dari ndalem Mangkubumen menuju regol Magangan masyarakat Yogya sangat antusias menyaksikan  iring-iringan tiga kereta yang membawa pengantin pria. Ketiga kereta tersebut adalah Kyai Kuthakaraharja yang dinaiki utusan dalem KRT.

Jatiningrat dan KRT Yudahadiningrat, Kereta Puspaka Manik yang digunakan pengantin pria dan Kereta Kyai Kus Gading yang dinaiki keluarga pengantin pria. Rombongan pengantin pria turun di regol Magangan Kraton dan berjalan menuju bangsal Ksatriyan lalu beristirahat di Gedhong Srikaton.