Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Setelah Diwajibkan, Antuasiasme Booster di Solo Meningkat Dua Kali Lipat

Rabu 20 Jul 2022 16:56 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Penerapan wajib vaksinasi penguat atau booster di sejumlah sektor beberapa waktu terakhir mendorong antusiasme warga di Solo untuk mengikuti program tersebut. 9ilustrasi)

Penerapan wajib vaksinasi penguat atau booster di sejumlah sektor beberapa waktu terakhir mendorong antusiasme warga di Solo untuk mengikuti program tersebut. 9ilustrasi)

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Keseluruhan realisasi booster di Solo sebanyak 500-700 dosis per hari.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Penerapan wajib vaksinasi penguat atau booster di sejumlah sektor beberapa waktu terakhir mendorong antusiasme warga di Solo untuk mengikuti program tersebut.

"Kelihatan tiga-empat hari ini mengalami kenaikan, meski tidak tinggi namun ada gregetnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga

Ia mencontohkan jika biasanya pada pemberian vaksinasi penguat di kegiatan car free day atau hari bebas kendaraan hanya diikuti oleh 13-15 orang saat ini naik dua kali lipat hingga 30 orang. "Sebelum ada aturan itu hanya 15-an. Kalau hanya dua (peserta vaksin) ya maaf bukan kami tolak tapi kan buang vaksin terlalu banyak. Biasanya kemudian kami arahkan ke faskes saja (untuk mengikuti vaksinasi penguat)," katanya.

Disinggung mengenai rencana kembali melibatkan pihak swasta seperti pusat perbelanjaan untuk menyelenggarakan kegiatan vaksinasi penguat, dikatakannya, harus melihat efisiensi dan efektivitasnya. "Sebetulnya vaksinasi ke mal kan secara berkala kami lakukan, namun kalau kami harus menjaga tapi yang vaksin hanya satu kan tenaga bisa kerja yang lain. Apalagi sekarang ada BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional), kami melayani masyarakat tapi efektif dan efisiennya harus dilihat," katanya.

Ia mengatakan, untuk saat ini secara keseluruhan realisasi vaksinasi penguat di Solo sebanyak 500-700 dosis per hari. Padahal jika seluruh sasaran bersedia menjalani vaksinasi penguat, pihaknya bisa menargetkan pemberian 4.000 dosis per hari.

"Jadi sekarang di lapangan kami bisa dapat 70-80 sudah senang rasanya. Seperti di Puskesmas Ngoresan itu capaiannya masih 70 per hari," katanya. Secara keseluruhan, dikatakannya, capaian vaksinasi penguat di Kota Solo sebesar 58,9 persen atau setara dengan 245.692 orang.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile