Jumat 29 Jul 2022 18:55 WIB

Kremlin: Belum Ada Kesepakatan tentang Pertukaran Tahanan dengan AS

Menlu AS mengajukan pembebasan 2 orang Amerika yang dipenjara di Rusia.

Red: Esthi Maharani
 Belum ada kesepakatan yang dicapai antara Rusia dan Amerika Serikat (AS) mengenai pertukaran tahanan
Belum ada kesepakatan yang dicapai antara Rusia dan Amerika Serikat (AS) mengenai pertukaran tahanan

REPUBLIKA.CO.ID., MOSKOW -- Belum ada kesepakatan yang dicapai antara Rusia dan Amerika Serikat (AS) mengenai pertukaran tahanan, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Kamis (28/7/2022).

“Sejauh ini tidak ada kesepakatan,” kata Peskov kepada wartawan dalam menanggapi pertanyaan tentang rencana untuk menukar Viktor Bout warga negara Rusia dengan warga negara Amerika Brittney Griner dan Paul Whelan.

CNN melaporkan sebelumnya bahwa pemerintahan Biden menawarkan untuk menukar terpidana pedagang senjata Rusia Viktor Bout dengan dua orang Amerika.

Bout saat ini menjalani hukuman penjara 25 tahun dan Departemen Kehakiman AS telah menentang kemungkinan pertukaran.

Pada Rabu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, negaranya telah membuat "proposal substansial" untuk mengamankan pembebasan dua orang Amerika yang dipenjara di Rusia.

“Pemerintah kami telah berkomunikasi berulang kali dan langsung mengenai proposal itu, dan saya akan menggunakan percakapan itu untuk menindaklanjuti secara pribadi, dan saya berharap, menggerakkan kami menuju resolusi,” tukas Blinken.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَكَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيْهَآ اَنَّ النَّفْسَ بِالنَّفْسِ وَالْعَيْنَ بِالْعَيْنِ وَالْاَنْفَ بِالْاَنْفِ وَالْاُذُنَ بِالْاُذُنِ وَالسِّنَّ بِالسِّنِّۙ وَالْجُرُوْحَ قِصَاصٌۗ فَمَنْ تَصَدَّقَ بِهٖ فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَّهٗ ۗوَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ
Kami telah menetapkan bagi mereka di dalamnya (Taurat) bahwa nyawa (dibalas) dengan nyawa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada qisas-nya (balasan yang sama). Barangsiapa melepaskan (hak qisas)nya, maka itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang zalim.

(QS. Al-Ma'idah ayat 45)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement