Jumat 05 Aug 2022 03:55 WIB

Langkah Kabupaten Malang Bebas Pasung

Masyarakat cukup melaporkan kepada Dinas Kesehatan dan jajarannya

Foto: Republika.co.id
Langkah Kabupaten Malang Bebas Pasung

REPUBLIKA.CO.ID,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mencanangkan program Kabupaten Malang Bebas Pasung. Beberapa langkah yang dilakukan di antaranya:

- Seluruh masyarakat yang keluarganya dipasung diminta kerelaannya untuk dirawat di rumah sakit jiwa agar bisa sehat kembali.

- Masyarakat cukup melaporkan kepada Dinas Kesehatan dan jajarannya agar petugas medis melakukan penanganannya.

- Semua pihak harus ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan korban yang tengah mengalami sakit mental.

- Perlu sinergi semua pihak baik Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Kabupaten (Pemkab), instansi terkait hingga masyarakat untuk dapat memberikan edukasi.

- Pemkab Malang berkomitmen untuk memenuhi biaya kebutuhan operasional, sepanjang para pasien menjalani perawatan dan pengobatan di RSJ Lawang.

- Masyarakat diminta melaporkan kepada pihak terkait jika masih menemukan adanya kasus pemasungan terhadap orang dengan gangguan kejiwaan di lingkungan masing-masing.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement