Kamis 11 Aug 2022 00:07 WIB

Ashton Kutcher Derita Penyakit Langka Vaskulitis, Apa Itu dan Bagaimana Gejalanya?

Ashton Kutcher mengalami gangguan penglihatan dan kesulitan mendengar.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Ashton Kutcher menderita penyakit vaskulinitis. Dokter pun menjelaskan apa itu vaskulinitis dan gejalanya. (ilustrasi)
Foto: EPA
Ashton Kutcher menderita penyakit vaskulinitis. Dokter pun menjelaskan apa itu vaskulinitis dan gejalanya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Hollywood Ashton Kutcher mengatakan, dirinya telah berjuang melawan vaskulitis. Vaskulitis adalah penyakit autoimun langka dan serius yang membuatnya tak bisa melihat, mendengar dan berjalan.

Bagaimana penjelasan soal vaskulitis dan gejalanya? Direktur Peripheral Vascular and Endovascular Sciences Medanta Hospital, dr Tarun Grover, mengatakan vaskulitis pada dasarnya adalah sekelompok gangguan yang memengaruhi pembuluh darah dengan radangnya. Ini adalah gangguan autoimun, yang dalam bahasa awam berarti peradangan yang disebabkan oleh kekebalan orang itu sendiri. Dalam kondisi seperti itu, mekanisme kekebalan seseorang mulai bertindak melawan jaringan tubuh sendiri. 

Baca Juga

"Jadi, ada penyakit tertentu di mana sistem kekebalan tubuh menyerang pembuluh darah vena, arteri, dan kapiler kecil tubuh. Tergantung pada sifat pembuluh darah, kami mengategorikan penyakit ini sebagai vaskulitis pembuluh darah kecil, sedang atau besar," kata Grover seperti dilansir The Indian Express, Rabu (10/8/2022).

Kutcher mengalami gangguan penglihatan dan kesulitan mendengar yang terjadi pada arteritis temporal, di mana dia mulai kehilangan penglihatan karena pembuluh darah di sekitar mata terpengaruh. Ini adalah kondisi yang langka.

Apa saja gejala vaskulitis? Gejalanya bergantung pada jenis pembuluh darah yang terlibat. Selain itu, ada beberapa gejala umum meliputi peradangan, penurunan berat badan, demam, kelelahan dan kelelahan. Beberapa orang juga mengeluhkan lesi kulit, bintik merah dan memar.

Apakah vaskulitis memengaruhi bagian tubuh lainnya juga? Vaskulitis dapat terjadi di bagian tubuh mana pun atau memengaruhi organ yang terhubung dengan pembuluh darah. 

Dalam beberapa kasus yang parah, gumpalan terbentuk di pembuluh yang mengarah ke pembentukan ulkus. Jika pembuluh darah yang terkena adalah pembuluh darah yang memasok darah ke otot atau tulang, hal itu menyebabkan nyeri sendi dan artritis reaktif.

Demikian pula jika pembuluh darah yang memasok darah ke otak terpengaruh, kekurangannya dapat menyebabkan sakit kepala dan gangguan penglihatan. Nyeri perut terjadi ketika saluran GI terlibat dan bercak darah menyertai serangan batuk ketika saluran pernapasan terlibat. Jadi, itu dapat memengaruhi banyak organ sekaligus.

Grover mengatakan, orang yang menderita gangguan autoimun berisiko tinggi terkena vaskulitis. Orang yang menderita rheumatoid arthritis, hepatitis C juga bisa terkena vaskulitis. Diagnosis pasti ditegakkan secara klinis dengan respon medis dan melakukan biopsi.

Pengobatan utama penyakit ini terletak pada imunitas seseorang, yang dilakukan dengan pemberian steroid anti inflamasi dan antibodi monoklonal. Ini bertindak melawan penanda kekebalan dan membantu menekan kekebalan.

Selama suatu periode, penyakit ini mengalami remisi dan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Gejala pasien mulai berkurang dan mereka merasa nyaman. Namun, itu bukan obat yang lengkap karena seseorang dapat mengalami gejala serupa yang berulang beberapa tahun ke depan.

Oleh karena itu, begitu penyakitnya sembuh, sangat penting untuk mengikuti gaya hidup sehat. Diet yang tepat, olahraga yang baik dan mempertahankan gaya hidup yang baik, menjaga jarak dari faktor risiko eksternal seperti merokok berlebihan dan konsumsi alkohol, adalah suatu keharusan. Selain itu, menjauhkan stres dan menjaga ketenangan pikiran sama pentingnya karena banyak gangguan autoimun terkait dengan stres mental.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement