Jumat 12 Aug 2022 07:28 WIB

Sowan ke Hamzah Haz, Anak Haji Lulung Diminta Kembalikan PPP ke Umat

Garuh Tirta Lunggana diminta fokus mengembalikan PPP sebagai partai umat.

Red: Gita Amanda
 Ketua DPW PPP DKI Jakarta Guruh Tirta Lunggana sowan ke kediaman mantan Ketua Umum PPP dua periode Hamzah Haz, di kawasan Cinere, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).
Foto: PPP
Ketua DPW PPP DKI Jakarta Guruh Tirta Lunggana sowan ke kediaman mantan Ketua Umum PPP dua periode Hamzah Haz, di kawasan Cinere, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPW PPP DKI Jakarta Guruh Tirta Lunggana sowan ke kediaman mantan Ketua Umum PPP dua periode Hamzah Haz, di kawasan Cinere, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).

Dia menyambangi rumah mantan Wapres RI ke-9 itu bersama sejumlah pengurus DPW PPP DKI, diantaranya, Sekwil PPP DKI Najmi Mumtaza Rabbany dan Wakil Ketua DPW PPP Riano P Ahmad.

Baca Juga

"Saya sowan ke rumah Pak Hamzah Haz, sebagai orang tua dan sesepuh PPP. Kami sampaikan kondisi PPP Jakarta pascakepulangan almarhum Haji Lulung," kata Tirta Lunggana, Kamis (11/8/2022).

Dia mengatakan, selain bersilaturrahim, dirinya datang untuk meminta nasihat dan petuah dari Hamzah Haz untuk mengembalikan PPP agar kembali mendapatkan kepercayaan umat. Purta Haji Lulung, yang baru saja diamanahi menjadi nakoda PPP Jakarta menggantikan sang ayah, mengaku, diminta fokus dan sungguh-sungguh mengembalikan PPP sebagai partai umat.

Hamzah Haz, kata dia, juga memberi perhatian khusus terkait performa partai Ka'bah pada Pemilu akhir-akhir ini. Khususnya, di DKI yang kehilangan banyak kursi di parlemen Kebon Sirih, yang tinggal 1 kursi hasil Pemilu 2019. Semula, di Pemilu 2014 saat dipimpin Haji Lulung, PPP Ibu Kota memiliki 10 wakil rakyat di DPRD DKI dan mendapat jatah pimpinan dewan.

Padahal, DKI Jakarta adalah wilayah yang selama ini dikenal sebagai salah satu basis suara PPP. "Intinya, beliau minta saya fokus mengembalikan kebesaran PPP di Jakarta. Beliau ingin PPP solid melanjutkan perjuangan almarhum Haji Lulung, termasuk menjahit semua jaringan almarhum di DKI, rajin turun ke masyarakat menyapa umat," jelas mantan Anggota DPRD DKI itu.

Untuk diketahui, Hamzah Haz dan Haji Lulung merupakan dua politisi senior PPP yang cukup dekat. Di masa hidupnya, keduanya kerap saling berkunjung dan menjaga silaturrahmi.

Bahkan, Wapres ke-9 Hamzah Haz turut melayat ke rumah duka Haji Lulung Abraham Lunggana, di Jalan Assafa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (14/12/2021) silam. Dia datang dengan pengawalan Paspamres.

Bukti kedekatan Hamzah Haz dengan Haji Lulung, juga terlihat saat DPW PPP DKI Jakarta menggelar acara istghosah dan doa bersama untuk mendiang Haji Lulung ), di Sekretariat DPW PPP DKI, Klender, Jakarta Timur, Ahad (30/1/2022). Dalam acara ini, Hamzah Haz turut hadir untuk mendokan Alm Haji Lulung.

Sebaliknya, pada tahun 2020 silam, saat Hamzah Haz terbaring sakit dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Haji Lulung langsung datang menjenguk. “Keluarganya Pak Hamzah sudah dua hari ini menghubungi saya mungkin ada amanah untuk saya karena beliau minta dijemput saya tapi memang kalau orang tua sedang sakit ya wajib, sebagai anak kita menengok,” ucap Haji Lulung, saat itu, Selasa (20/10/2020).

Baca juga : Prabowo Resmi Buka Rampinas Partai Gerindra 2022 di Sentul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement