Senin 15 Aug 2022 22:16 WIB

Nathania Karina Jadi Konduktor Wanita Pertama Pimpin GBN di Istana

Lulusan doktor musik dari Boston University itu ditunjuk jadi konduktor GBN di Istana

Red: Esthi Maharani
Konduktor Nathania Karina (bawah tengah) ditunjuk menjadi konduktor Gita Bahana Nusantara (GBN) pada 2022.
Foto:

Ketua Pelaksana GBN 2022, Yayuk Sri Budi Rahayu, mengatakan pada tahun ini terdapat 199 putra dan putri terpilih yang akan tampil di Gedung DPR/MPR dan Istana Merdeka pada pengibaran serta penurunan bendera Merah Putih.

"Terdapat 17 lagu baik nasional dan daerah yang akan dinyanyikan oleh GBN. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya," kata dia.

Salah satu yang menarik yang akan ditampilkan yakni Medley Nusantara yang akan disajikan koreografi apik dan indah. Medley Nusantara merupakan aransemen dari berbagai lagu daerah yakni Indung-indung, Tutu Koda, Bindhe Biluhuta, Sang Bumi Ruwa Jurai, Lir Sa'alir, Ulate, dan E Mambo Simbo.

Pemusatan latihan dilakukan selama 14 hari di Wisma Kinasih, Depok.

Menurut Yayuk, selain mempersiapkan secara teknis yang terutama bagaimana menjaga kesehatan peserta GBN, karena begitu positif Covid-19 maka tidak bisa ikut tampil.

Tahun ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan secara luring, setelah dua tahun sebelumnya dilakukan secara daring.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Faridmengatakan GBN hadir di upacara kemerdekaan sebagai representasi putra dan putri bangsa yang memiliki talenta di bidang musik dan vokal.

"GBN tidak sekadar paduan suara dan orkestra namun juga sebagai wadah pembentukan karakter dan bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air, yang disajikan saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, yang tahun ini menginjak usia 77 tahun," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement