Selasa 16 Aug 2022 11:12 WIB

TNI AL akan Kibarkan Bendera di Bawah Laut Saat Peringatan HUT RI

Upacara di bawah lain dilaksanakan serentak di 77 lokasi yang tersebar.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kanan)
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI Angkatan Laut (AL) akan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam rangka memeringati HUT ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022, besok. Kegiatan itu dipusatkan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu. Rencananya upacara yang sama juga dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh jajaran Angkatan Laut yang mana penyerahan bendera bisa dilaksanakan oleh kepala daerah maupun para komandan satuan yang berada di daerah, yang akan dilaksanakan besok pagi untuk upacara penaikan bendera di dasar laut di 77 lokasi di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga

Yudo mengatakan, pengibaran bendera ini dilakukan di bawah laut dengan kedalaman kurang lebih 10 meter. Upacara tersebut melibatkan total sebanyak 888 penyelam yang terdiri dari personel TNI AL, Polri, pemda, dan masyarakat. 

"Di masing-masing spot ini dilaksanakan oleh 17 personel. Sehingga (total) 888 penyelam di seluruh jajaran," ujarnya. 

Para penyelam yang terlibat dalam pengibaran bendera ini, Yudo mnejelaskan, sudah melalui tahap pengecekan kesehatan. Mereka juga harus memiliki kualifikasi menyelam. 

Di samping itu, Yudo menjelaskan, pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini adalah komitmennya untuk mengisyaratkan bahwa TNI AL siap menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh jajaran wilayah laut Indonesia. "Tentunya ini juga membangkitkan kembali kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," jelas dia. 

Adapun kegiatan ini sekaligus mencatatkan rekor MURI pengibaran bendera merah putih di bawah laut dengan jumlah lokasi terbanyak. "Ini kan belum pernah ada pengibaran bendera di dalam laut di 77 lokasi seusai dengan 77 ulang tahun RI," ungkap Yudo. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement