Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Fahri Hamzah Harap Kemerdekaan RI Jadi Momentum Perbaikan Penegakan Hukum

Kamis 18 Aug 2022 01:23 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Fahri mengatakan, UUD 1945 menegaskan posisi Indonesia sebagai negara hukum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menyoroti soal kondisi penegakan hukum di Indonesia saat ini. Fahri berharap peringatan kemerdekaan ke-77 RI, bisa menjadi momentum perbaikan penegakan hukum di Indonesia.

 

"Sehingga kita bisa ke depan setelah 77 tahun kemerdekaan kita kembali punya cita rasa negara hukum yang baik," kata Fahri dalam diskusi daring, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga

Fahri mengatakan, Indonesia merupakan negara hukum. Bahkan, istilah negara hukum juga ditegaskan dalam pasal 1 ayat 3 UUD 1945 untuk menegaskan posisi Indonesia sebagai negara hukum. 

"Jangan sampai perhatian kita beralih kepada soal jalan, jembatan dan lain-lain tapi abai membaca posisi negara hukum kita," ucapnya.

Menurutnya, perhatian Indonesia saat ini cenderung belok ke hal-hal lain. Perdebatan yang ada justru hanya seputar dari ujung persoalan hukum .

"Yang kita bahas, mohon maaf saja, itu soal-soal yang harusnya selesai dengan sendirian apabila negara hukum terbentuk," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa cita rasa pre-emtif mendewakan tujuan atas cara, yang ia kritik selama ini telah menjalar kemana-mana termasuk kepolisian. Ia mencontohkan, satgasus yang dibentuk Polri merupakan contoh tindakan preemtif yang menghalalkan segala cara.

Hal itu dinilai telah merusak citra implementasi negara hukum. "Kekuasaan mengintervensi hukum, proses penegakan hukum," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile