Kamis 15 Sep 2022 16:35 WIB

Donald Trump Pernah Takut Jadi Target Pembunuhan Iran

Trump khawatir Iran balas tindakannya yang memerintahkan membunuh Qassem Soleimani

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Jenderal Qassem Soleimani (tengah).
Foto: Office of the Iranian Supreme Leader via AP,
Jenderal Qassem Soleimani (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump disebut sempat mengalami kecemasan karena berpikir akan menjadi target pembunuhan Iran. Dia khawatir Teheran akan membalas tindakannya memerintahkan pembunuhan mantan komandan Pasukan Quds Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Hal itu diungkap jurnalis New York Times Peter Baker dan jurnalis The New Yorker Susan Glasser dalam buku berjudul “The Divider” yang mereka garap bersama. Buku tersebut melihat secara dekat kebijakan pemerintahan Trump terhadap Iran.

The Guardian, pada Rabu (14/9/2022), menerbitkan beberapa kutipan dari The Divider, salah satunya terkait pembunuhan Mayor Jenderal Qassem Soleimani. Di depan publik, Trump memperlihatkan kepercayaan diri atas keputusannya memerintahkan pembunuhan Soleimani. Dia bahkan agak mencemooh tokoh militer yang sangat dibanggakan oleh Iran tersebut. “Dia (Soleimani) adalah teroris yang haus darah, dan dia bukan lagi teroris. Dia tewas,” kata Trump saat mengumumkan keberhasilan misi menyisihkan Soleimani pada Januari 2020.

Namun ketika tengah berada di ruang atau acara privat, Trump tak bisa menyembunyikan ketakutannya atas pembalasan Iran. Dalam buku The Divider, Peter Baker dan Susan Glasser mengungkapkan, pada akhir 2020, Trump sempat meninggalkan pesta koktail di Florida. Ketika itu, Trump memberitahu tahu teman-temannya bahwa dia takut akan menjadi target pembunuhan Iran.

“Di sebuah pesta koktail, Trump memberitahu beberapa temannya di Florida bahwa dia takut Iran akan mencoba membunuhnya, jadi dia harus kembali ke Washington di mana dia akan lebih aman,” tulis Baker dan Glasser dalam bukunya.

Pada Januari lalu, Iran memperingati dua tahun kematian Qassem Soleimani. Soleimani tewas di Bandara Internasional Baghdad, Irak, pada 3 Januari 2020. Dia dibunuh saat berada dalam konvoi Popular Mobilization Forces (PMF), pasukan paramiliter Irak yang memiliki kedekatan dengan Iran. Iring-iringan mobil mereka menjadi sasaran tembak pesawat nirawak AS. Donald Trump adalah tokoh yang memerintahkan langsung serangan tersebut.

Iran mengutuk keras pembunuhan Soleimani dan bersumpah akan membalas tindakan Washington. Tak lama setelah peristiwa pembunuhan itu, Iran meluncurkan serangan udara ke markas tentara AS di Irak. Aksi itu sempat menimbulkan kekhawatiran global tentang potensi pecahnya peperangan.

Soleimani merupakan tokoh militer Iran yang memiliki pengaruh besar di kawasan Timur Tengah. Ia dipercaya memimpin Pasukan Quds, sebuah divisi atau sayap dari Garda Revolusi Iran yang bertanggung jawab untuk operasi ekstrateritorial, termasuk kontra-intelijen di kawasan. Soleimani pun memiliki kedekatan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement