Sabtu 17 Sep 2022 08:48 WIB

Jalan Kaki Satu Jam di Daerah Alam Bisa Kurangi Stres

Berjalan kaki di pedesaan yang identik dengan alam bisa kurangi stres.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Berjalan kaki di pedesaan yang identik dengan alam bisa kurangi stres.
Foto: www.freepik.com.
Berjalan kaki di pedesaan yang identik dengan alam bisa kurangi stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bermukim di perkotaan dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental yang lebih tinggi. Sebuah studi baru menemukan bahwa berjalan 60 menit atau setidaknya satu jam di alam dapat mengurangi aktivitas di daerah otak yang terlibat dalam pemrosesan stres

Beberapa penelitian telah menemukan tingkat yang lebih tinggi dari penyakit mental utama di daerah perkotaan dibandingkan pedesaan. Sebuah meta-analisis 2012, misalnya, menemukan peningkatan risiko skizofrenia bagi mereka yang tinggal di kota. Penelitian lain, termasuk penelitian ini dari 2011 , telah menemukan bahwa orang yang tinggal di kota mengalami peningkatan aktivitas di amigdala, wilayah otak yang mengatur emosi termasuk ketakutan dan stres.

Baca Juga

Dalam sebuah studi baru, para peneliti dari Lise Meitner Group for Environmental Neuroscience di Max Planck Institute for Human Development di Jerman mengeksplorasi manfaat kesehatan mental dari alam. Para peneliti berusaha mencari tahu apakah tingkat penyakit mental yang lebih tinggi di daerah perkotaan terkait dengan individu yang memiliki akses lebih sedikit ke alam? Atau apakah jenis orang tertentu tertarik untuk tinggal di lingkungan tertentu.

Hasil dari penelitian baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Molecular Psychiatry Trusted Source. Untuk menentukan hipotesis mereka, para peneliti memeriksa aktivitas otak 63 peserta sehat menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI). Hal itu diteliti, baik sebelum dan sesudah peserta berjalan selama satu jam di hutan atau melakukan jalan perbelanjaan dengan lalu lintas.

Peserta penelitian termasuk 29 perempuan dan 34 laki-laki berusia antara 18 dan 47 tahun. Usia rata-rata adalah 27 tahun. Setiap peserta diberi pemindaian fMRI. Selama pemindaian, mereka memiliki beberapa latihan untuk peserta, dua di antaranya dibahas dalam penelitian ini.

"Pada latihan pertama, peserta diperlihatkan gambar 15 wajah pria dan 15 wajah wanita yang menggambarkan ekspresi wajah ketakutan dan netral. Dalam latihan kedua, peserta diberi tugas aritmatika mental dengan batas waktu yang dirancang untuk berada di luar kapasitas kognitif peserta," tulis makalah penelitian tersebut.

Setelah pemindaian selesai, 31 peserta ditugaskan untuk berjalan-jalan di jalan yang ramai di Berlin, sementara 32 lainnya berjalan-jalan di hutan kota. Para peserta berjalan-jalan di tahun 2019 antara jam 10 pagi hingga lima sore. Laki-laki dan perempuan didistribusikan secara merata di kedua kelompok.

Peserta dibekali telepon untuk dibawa selama berjalan guna melacak lokasi mereka. Peserta juga mengenakan gelang yang memantau aktivitas elektrodermal (EDA), variabilitas detak jantung (HRV), dan detak jantung mereka. Mereka juga diberi makan siang dalam kantong. Setelah para peserta menyelesaikan jalan-jalan mereka, para peneliti memberi kembali pemindaian fMRI sambil meminta mereka menyelesaikan latihan yang sama.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa setelah hanya satu jam berjalan di alam, aktivitas di daerah otak yang terlibat dalam pemrosesan stres berkurang,” kata Sonja Sudimac, penulis utama studi ini, dikutip dari Medical News Today, Sabtu (17/9/2022).

Hal ini dianggap temuan penting karena menunjukkan untuk pertama kalinya hubungan sebab akibat antara paparan alam dan perubahan di daerah otak, berhubungan dengan stres. Peneliti mengamati penurunan aktivitas selama kedua latihan yang dilakukan selama pemindaian. Hal ini menunjukkan, berjalan di alam mungkin memiliki efek menguntungkan global pada amigdala dengan meningkatkan ambang aktivasinya.

Selain itu, aktivitas otak di daerah yang terlibat dalam pemrosesan stres tetap stabil dan tidak meningkat setelah berjalan 60 menit di lingkungan perkotaan. Ini menentang gagasan bahwa paparan perkotaan menyebabkan stres tambahan, menurut Sudimac

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement