Jumat 21 Jun 2024 06:56 WIB

Sering Nyeri Punggung Bawah? Coba Rutin Jalan Kaki, Ini Manfaatnya

Jalan kaki dinilai sebagai olahraga yang murah, mudah diakses, dan sederhana.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Olahraga jalan kaki (ilustrasi). Menurut penelitian, jalan kaki bisa mengurangi risiko nyeri punggung bawah.
Foto: www.freepik.com.
Olahraga jalan kaki (ilustrasi). Menurut penelitian, jalan kaki bisa mengurangi risiko nyeri punggung bawah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nyeri punggung bawah bisa terasa menyiksa bahkan menghalangi penderitanya untuk beraktivitas dengan nyaman. Untungnya, sebuah studi baru menemukan bahwa program berjalan kaki dapat secara signifikan mengurangi risiko kekambuhan nyeri punggung bawah secara konstan pada orang dewasa.

Para peneliti Australia, yang mempublikasikan hasil penelitiannya di The Lancet, merekrut lebih dari 700 orang dewasa di seluruh negeri yang baru saja sembuh dari episode nyeri punggung bawah non spesifik, yang berlangsung setidaknya 24 jam dan mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok: satu kelompok menerima program jalan kaki dan edukasi individual yang dipandu oleh fisioterapis selama enam bulan, dan kelompok lainnya tidak menerima pengobatan sama sekali selama penelitian.

Baca Juga

Para peserta kemudian diikuti dengan cermat selama setidaknya satu tahun, hingga maksimal hampir tiga tahun untuk beberapa peserta. Para peneliti dengan cermat melacak kekambuhan nyeri punggung bawah yang cukup parah sehingga membatasi aktivitas sehari-hari.

"Penelitian kami telah menunjukkan bahwa cara latihan yang efektif dan mudah diakses ini memiliki potensi untuk berhasil diimplementasikan dalam skala yang jauh lebih besar daripada bentuk latihan lainnya. Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tetapi juga mengurangi kebutuhan mereka untuk mencari bantuan layanan kesehatan dan jumlah waktu cuti kerja sekitar setengahnya,” kata penulis utama dr Natasha Pocovi seperti dilansir Study Finds, Jumat (21/6/2024).