Selasa 20 Sep 2022 00:05 WIB

Teh dan Crumpet Jadi Kenangan Biden Terhadap Ratu Elizabeth II

Ratu bahkan memaksa menuangkan teh ke cangkir Jill Biden.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joe Biden menandatangani buku belasungkawa di Lancaster House di London, setelah kematian Ratu Elizabeth II, Minggu, 18 September 2022.
Foto:

Elizabeth naik takhta pada 1952. Dia naik takhta pasca-kekaisaran pertama Inggris. Ratu berperan penting dalam terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang kini memiliki anggota 56 negara. Dia telah bertemu dengan hampir seluruh tokoh besar dari politik hingga hiburan dan olahraga, termasuk Nelson Mandela, Paus Yohanes Paulus II, The Beatles, Marilyn Monroe, Pele dan Roger Federer.

Kematian Ratu tidak hanya mengejutkan publik Inggris, namun seluruh dunia. Beberapa negara seperti Brasil, Yordania, dan Kuba menetapkan hari berkabung nasional untuk menghormati Ratu. Bahkan Paris, Washington, dan Moskow juga turut berkabung. 

 "Ratu Elizabeth II tidak diragukan lagi adalah sosok paling terkenal di dunia, orang yang paling banyak difoto dalam sejarah, orang yang paling dikenal. Fakta bahwa para pemimpin dunia akan datang ke London untuk pemakaman, telah mewakili banyak hal tentang sosok ikonik ini," kata sejarawan Anthony Seldon kepada Reuters.

Kepala transportasi Inggris memperkirakan satu juta orang akan berada di pusat Kota London untuk menyaksikan pemakaman Ratu. sementara Polisi menggelar operasi keamanan terbesar dalam sejarah.

Selain pejabat tinggi, mereka yang dianugerahi medali militer dan sipil tertinggi Inggris untuk keberanian, perwakilan dari badan amal yang didukung oleh ratu, dan mereka yang memberikan kontribusi luar biasa untuk menangani pandemi Covid-19, akan menghadiri pemakaman. Puluhan juta orang di Inggris dan luar negeri diperkirakan akan menyaksikan pemakaman Ratu. 

Peti jenazah Ratu akan dibawa melalui pusat Kota London, melewati Istana Buckingham ke Wellington Arch di Hyde Park Corner. Raja Charles III bersama saudara kandungnya, serta Pangeran William, Harry serta anggota keluarga Windsor akan berjalan di belakang peti jenazah Ratu saat dibawa dengan kereta meriam ke Westminster Abbey. Lonceng Biara akan berdentang sebanyak 96 kali, menandai usia Elizabeth ketika wafat.

Kemudian peti jenazah akan ditempatkan di mobil jenazah untuk dibawa ke Kastil Windsor, dan kebaktian di Kapel St. George.  

 

Elizabeth akan dimakamkan bersama Pangeran Philip di King George VI Memorial Chapel. Saudara perempuan Ratu, Putri Margaret, dan orang tua Elizabeth juga dimakamkan di tempat tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement