Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

12 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Riri Riza: Kamera Smartphone Bisa Dipakai Bikin Film

Rabu 05 Oct 2022 16:33 WIB

Red: Nora Azizah

Sutradara, penulis skenario, dan produser handal Indonesia Riri Riza memiliki keyakinan bahwa teknologi yang menempel pada kamera smartphone bisa dimanfaatkan dalam pembuatan film pendek maupun panjang.

Sutradara, penulis skenario, dan produser handal Indonesia Riri Riza memiliki keyakinan bahwa teknologi yang menempel pada kamera smartphone bisa dimanfaatkan dalam pembuatan film pendek maupun panjang.

Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawardhani
Kamera ponsel bisa dipakai untuk membuat film pendek dan panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara, penulis skenario, dan produser handal Indonesia Riri Riza memiliki keyakinan bahwa teknologi yang menempel pada kamera smartphone bisa dimanfaatkan dalam pembuatan film pendek maupun panjang. Menurut dia, sudah banyak sebuah karya film-film yang menggunakan smartphone sebagai alat produksinya untuk menghasilkan gambar dari cerita-cerita yang menarik dan tidak sedikit yang sudah banyak memenangkan berbagai penghargaan.

"Sebenarnya pengambilan gambar dengan kamera smartphone ketika membuat karya film ini sudah dimulai cukup lama dan banyak juga dari mereka yang sudah memenangkan berbagai penghargaan," ungkap Riri Riza di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga

Hal itu juga dia buktikan dalam sebuah film pendek berjudul "Kau, Rabu, dan Perkara-Perkara Sepintas Lalu" yang di dalam proses pengambilan gambarnya secara penuh menggunakan smartphone Oppo Find X5 Pro.

"Saya sudah lama percaya bahwa teknologi bagian penting dalam sebuah proses pembuatan film," ucap dia.

Dalam lokasi yang sama, seorang produser yang ikut terjun dalam projek ini, Mira Lesmana, juga memberikan pandangannya bahwa menggunakan smartphone sebagai alat perekam gambar membuat produksi film semakin cepat.

"Kalau menggunakan kamera handphone ini kan ringkas ya, jadi semuanya bisa cepat," kata Mira Lesmana.

Hal itu dibuktikannya melalui proses syuting yang tidak membutuhkan waktu lama, yakni hanya empat hari masa produksi. Hal itu tentu bertolak belakang dengan menggunakan peralatan syuting konvensional yang bisa memakan waktu dua kali lebih lama.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile