Jumat 11 Nov 2022 00:32 WIB

Saiful Mujani: Suara Anies Ternyata Terdistribusi di Banyak Partai

Karakter pemilih Anies cukup unik, umumnya berasal dari luar Jawa dan Muslim. 

Rep: Amri Amrullah / Red: Agus Yulianto
Founder Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Founder Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil temuan survei terkait kekuatan suara dukungan Anies dari beberapa partai, baik pendukung dan pengusung seperti Nasdem, Demokrat dan PKS dan partai lain. Dari rilis temuan itu menunjukkan suara dukungan Anies ternyata terdistribusi di banyak partai, sementara dari Nasdem justru dukungan ke Anies belum efektif.

Hal ini dipaparkan oleh pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam program ’Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ yang bertajuk ”Anies Bantu Elektabilitas Nasdem?”, Kamis, (10/11/2022). “Suara Anies terdistribusi hampir merata di banyak partai,” kata Saiful.

Survei SMRC ini dilakukan secara tatap muka setelah deklarasi Nasdem untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Survei dilakukan mulai 3 sampai 9 Oktober 2022. Hasilnya menunjukkan bahwa dalam simulasi lima nama, Anies mendapatkan dukungan 23,6 persen.

Sementara Ganjar Pranowo didukung 30,5 persen suara, Prabowo 25,7 persen, Puan Maharani 5,1 persen, dan Airlangga Hartarto 2,4 persen. "Namun masih ada 12,7 persen yang belum menyatakan pilihan," imbuhnya.