Kamis 29 Dec 2022 13:36 WIB

Kenapa Sih Harus Kuliah? Ini 7 Alasan Kamu Harus Kuliah

Lulusan perguruan tinggi memiliki peluang kerja yang lebih luas

Red: Christiyaningsih
Lulusan perguruan tinggi memiliki peluang kerja yang lebih luas.
Foto: UBSI
Lulusan perguruan tinggi memiliki peluang kerja yang lebih luas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pendidikan menjadi hal paling penting dalam kehidupan. Tak hanya sekedar sebagai status sosial, pendidikan turut memberikan proses pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Pendidikan juga menjadi acuan tolak ukur kecerdasan yang mampu mengembangkan potensi individu.

Generasi muda yang menjadi garda terdepan dalam memajukan negara perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman yang luas. Tentunya hal itu dapat dimiliki apabila generasi muda mau melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni bangku perkuliahan.

Baca Juga

Namun ternyata masih banyak faktor yang menyebabkan siswa tidak mau melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan selain faktor finansial. Menurut mereka, melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan menjadi beban tambahan baru dalam belajar, sehingga masih banyak yang setelah lulus SMA memilih langsung bekerja. 

Menjadi lulusan SMA sama saja kita menghambat prospek kerja. Lulusan perguruan tinggi memiliki peluang kerja yang lebih luas serta membantu dalam meraih karier yang lebih baik lagi. Berikut ini tujuh alasan atau manfaat yang bisa kamu dapatkan jika berkuliah: 

1. Prospek kerja lebih luas

Memilih beberapa jurusan perkuliahan membuat kamu lebih bisa fokus untuk mencari prospek kerja yang sesuai dengan jurusan kamu. Ketimbang hanya sekedar menjadi lulusan SMA/SMK saja, lulusan perguruan tinggi lebih banyak diincar oleh perusahaan. Tentunya ini menjadi peluang yang baik bagi kamu untuk meniti karier. Namun, saat berkuliah pilih juga jurusan yang sesuai dengan kebutuhan kerja di masa datang.

Contohnya saja jurusan IT seperti ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, teknologi informasi dan jurusan lainnya yang memang memiliki prospek karier cemerlang di masa depan. 

2. Menambah pengetahuan dan keterampilan

Menempuh pendidikan di bangku perkuliahan membuat kamu akan mendapatkan wawasan atau pengetahuan yang lebih dalam lagi. Contohnya jika saat SMK kamu hanya mengenal dua atau tiga bahasa pemrograman, di bangku perkuliahan kamu akan belajar lebih banyak lagi bahasa pemrograman. 

Selain wawasan dan pengetahuan, kamu juga akan lebih leluasa meningkatkan keterampilan. Bahkan, beberapa perguruan tinggi misalnya Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mewajibkan mahasiswanya memiliki sertifikat kompetensi yang berguna untuk meniti karier dan membuktikan kompetensi kita dalam bidang tersebut. 

3. Peluang karir lebih terbuka

Selain prospek kerja yang kamu peroleh lebih luas karena berkuliah, perkuliahan juga membuka peluang karier yang lebih besar. Dengan satu jurusan kuliah saja, kamu bisa melamar berbagai profesi yang dibuka oleh sebuah perusahaan atau instansi sesuai dengan prospek kerja yang dimiliki oleh jurusan perkuliahan.

Contohnya jika kamu memilih kuliah jurusan ilmu komunikasi, kamu dapat melamar pekerjaan sebagai presenter, video editor, public relations, jurnalis, content creator, produser tv atau radio, telemarketer, content writer, editor, dan masih banyak lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement