Ahad 23 Apr 2023 06:50 WIB

Dukung Ganjar, Oso Malah Puji Kepemimpinan Jokowi

Meski mendukung Ganjar Pranowo, Ketum Hanura Oso justru memuji kepemimpinan Jokowi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (22/4/2023). Ketua Umum Partai Hanura mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden dari partai PDIP yakni Ganjar Pranowo dalam pilpres 2024 mendatang.
Foto: ANTARA FOTO/Fauzan
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (22/4/2023). Ketua Umum Partai Hanura mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden dari partai PDIP yakni Ganjar Pranowo dalam pilpres 2024 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang atau Oso, secara resmi menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. Meski begitu, ia tidak banyak berkomentar soal siapa cawapres yang cocok bagi Ganjar.

Oso berpendapat, soal wakilnya tentu yang paling utama bisa ditanyakan kepada Ganjar Pranowo sendiri sebagai capres tentang sosok yang cocok mendampinginya. Sebab, diperlukan sosok yang bisa bekerja sama Ganjar dalam membangun sistem.

Baca Juga

"Kalau berunding soal wakil tentu bukan domain kita, ini tentu dominan, terutama harus ditanyakan kepada capresnya yang cocok kepadanya " kata Oso, Sabtu (22/4/2023).

Ia menilai, cawapres akan lebih tepat jika ditentukan capresnya sendiri atau disuguhkan kepada capresnya agar dapat dipertimbangkan. Menurut Oso, tidak perlu lagi didorong siapa sosok cawapres, tapi nantinya malah retak di tengah jalan.

Apalagi, lanjut Oso, jika mengaitkan sosok capres sebagai pengganti Presiden Jokowi. Ia berpendapat, Presiden Jokowi lebih tahu siapa orang yang mampu bekerja, bisa menjabarkan tugas-tugas dan Ganjar merupakan sosok yang cerdas.

"Kalau UU tidak membatasi dua periode lebih, bisa tiga periode, saya masih pilih Pak Jokowi karena memang tidak gampang menggantikan Pak Jokowi," ujar Oso.

Menurut Oso, selama kepemimpinan Presiden Jokowi semua daerah-daerah mampu terakomodir dalam membangun infrastruktur. Sekalipun ada kritik-kritik kepada Jokowi, ia merasa, itu cuma pikiran orang-orang kerdil, pikiran-pikiran kecil.

Oso menambahkan, kritikan-kritikan itu banyak yang sudah mengarah ke politik pembusukan. Tapi, ia mengingatkan, rakyat hari ini sudah sangat pintar, sehingga tidak bisa lagi menggunakan cara-cara seperti itu untuk politik pembusukan.

"Untuk saya sebagai rakyat kecil saya menikmati betul kepemimpinan ini, dan dalam bulan baik ini, hari baik ini, ini harus kita ungkapkan secara jujur," kata Oso.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP di Pilpres 2024. Pengumuman itu disambut Partai Hanura yang turut memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk memenangkan Pilpres 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement