Kamis 25 May 2023 18:27 WIB

Sulit Tidur? Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Langsung Lelap

Jika Anda mengalami masalah gangguan tidur, tak ada salahnya mencoba 6 cara ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang mengalami gangguan tidur (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tidur.
Foto: www.freepik.com
Seseorang mengalami gangguan tidur (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang dewasa mengalami kesulitan terlelap pada malam hari. Untuk mengatasinya, para pakar menyarankan untuk melakukan rutinitas sebelum tidur yang akan menyetel jam internal tubuh, dikutip dari laman Best Life, Kamis (25/5/2023).

1. Atur alarm

Baca Juga

Mengatur alarm untuk membangunkan pada waktu yang sama setiap hari bisa menjadi cara ampuh untuk mengatur ritme sirkadian tubuh. Momen mengatur alarm sebelum tidur juga memberi tahu tubuh bahwa sudah waktunya memulai rutinitas tidur malam. Disarankan memilih waktu tidur saat tubuh secara alami mulai merasa lelah.

Jika masih tidak tertidur setelah 20 menit, bangunlah sejenak dari tempat tidur. "Pergi ke ruangan lain dan lakukan sesuatu yang menenangkan seperti membaca atau mendengarkan musik sampai Anda cukup lelah untuk tidur," ujar para pakar dari Division of Sleep Medicine di Harvard University.