Senin 26 Jun 2023 03:40 WIB

Java Kirana Komitmen Bantu Tingkatkan Standar Kopi Sigi Sulteng

Java Kirana akan membuat pabrik pascapanen yang tersentralisasi.

Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah pekerja menyortir buah kopi.
Foto: ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA
Sejumlah pekerja menyortir buah kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Java Kirana, perusahaan yang berfokus pada komoditas kopi, siap menaikkan standar kopi Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melalui komitmen investasi hingga dua juta dolar AS.

"Saya berkomitmen untuk membantu Kabupaten Sigi dengan cara membuat pabrik pascapanen yang tersentralisasi. Tujuannya adalah agar kopi Sigi standarnya naik dan mengurangi beban petani," ujar Direktur Strategi dan Komersial sekaligus Co-founder Java Kirana Noverian dalam Telusur Komoditas Festival Lestari di Desa Bobo, Kabupaten Sigi, Ahad (25/6/2023).

Baca Juga

Noverian mengatakan, apa yangJava Kirana coba lakukan adalah mengambil peran sebagai pihak yang melakukan proses atau prosesor dengan melakukannya secara lestari dan tidak merusak lingkungan, serta dengan harga yang adil (fair).

Java Kirana melihat banyak sekali potensi di Kabupaten Sigi, salah satunya adalah kopi. Dari hal itu terdapat keselarasan dengan apa yang Java Kirana lakukan yangmengagregasi produk hasil petani dan Java Kirana sendiri bersifat social enterprise.