Kamis 06 Jul 2023 15:52 WIB

Ada Tudingan Calo Zonasi PPDB, Ini Tanggapan SMAN 1 Bogor

Tudingan soal calo zonasi PPDB SMAN 1 Bogor viral di media sosial.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring.
Foto: Republika/Thoudy Badai
(ILUSTRASI) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri (SMAN) 1 Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial dan menjadi sorotan. Muncul tudingan ada “calo” untuk zonasi calon peserta didik.

Merespons hal itu, Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Bogor, Yusuf Sulaiman, menjelaskan, pihak sekolah hanya bertugas memverifikasi dokumen melalui komputer, tidak secara langsung mengecek lokasi tempat tinggal calon peserta didik.

“Kewenangan sekolah itu hanya melihat Kartu Keluarga (KK), itu sudah satu tahun apa belum. Dilihatnya dari tanggal dikeluarkan KK. Kita enggak punya kewenangan untuk itu (memeriksa alamat calon peserta didik langsung), kita bukan (dinas) kependudukan,” kata Yusuf, Kamis (6/7/2023).

Menurut Yusuf, pihak sekolah berupaya memastikan titik koordinat yang disampaikan calon peserta didik sesuai atau tidak dengan alamat yang dicantumkan. Jika tidak sesuai, kata dia, panitia PPDB akan mengonfirmasi kepada pihak calon peserta didik dan meminta mengubah koordinat agar sesuai dengan alamat.