Jumat 14 Jul 2023 15:18 WIB

UE Bantu PBB Perpanjang Kesepakatan Gandum

Rusia mengancam akan membatalkan kesepakatan biji-bijian Laut Hitam

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Komisi Eropa membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Turki memperpanjang kesepakatan ekspor biji-bijian Ukraina ke Laut Hitam
Foto: AP
Komisi Eropa membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Turki memperpanjang kesepakatan ekspor biji-bijian Ukraina ke Laut Hitam

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Komisi Eropa membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Turki memperpanjang kesepakatan ekspor biji-bijian Ukraina ke Laut Hitam. Juru bicara Uni Eropa (UE) menyatakan pada Kamis (13/7/2023), terbuka untuk mengeksplorasi semua solusi menjelang kemungkinan berakhirnya kesepakatan pada Senin (17/7/2023).

"Kami membantu pembicaraan yang dipimpin oleh PBB dan Turki sesuai kebutuhan," kata juru bicara itu.

Baca Juga

PBB dan Turki menjadi perantara Black Sea Grain Initiative (BSGI) dengan Rusia dan Ukraina pada Juli 2022. Upaya ini untuk membantu meringankan krisis pangan global yang diperburuk oleh invasi dan blokade pelabuhan Ukraina. Ukraina dan Rusia adalah di antara pengekspor biji-bijian terkemuka dunia.

Juru bicara UE menyatakan, prioritas Komisi Eropa adalah untuk memastikan bahwa biji-bijian Ukraina dapat mencapai pasar dunia. Lembaga ini meminta semua pihak untuk memperpanjang kesepakatan Laut Hitam.