Kamis 20 Jul 2023 15:00 WIB

PPATK: Ratusan Miliar Rupiah Masih Ditarik dari Rekening Al Zaytun

PPATK mengendus aliran ratusan miliar Rupiah masih ditarik dari rekening Al Zaytun.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bilal Ramadhan
Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang. PPATK mengendus aliran ratusan miliar Rupiah masih ditarik dari rekening Al Zaytun.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang. PPATK mengendus aliran ratusan miliar Rupiah masih ditarik dari rekening Al Zaytun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkapkan uang dalam jumlah besar masih ditarik dari rekening Pondok Pesantren Al Zaytun. Uang tersebut masih dibiarkan ditarik menurut PPATK sebenarnya demi keperluan operasional Al Zaytun. 

Walau demikian, Ivan enggan menyebut secara perinci jumlah transaksi yang dipantau oleh PPATK. Ivan hanya menyinyalkan angkanya ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah.

Baca Juga

"Ratusan miliar (jumlah penarikan dari rekening Al Zaytun). Kita tidak tahu apakah dipakai untuk operasional atau untuk hal lain," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi pada Kamis (20/7/2023). 

Pernyataan Ivan merupakan bantahan atas isu pemblokiran semua rekening milik Panji Gumilang (PG) dan Pondok Pesantren Al Zaytun. PPATK mengeklaim masih ada rekening yang dapat digunakan oleh Panji maupun Al Zaytun guna keperluan operasional.