Rabu 26 Jul 2023 00:01 WIB

Mobil Listrik yang Diproduksi Seluruh Produsen Jerman Penjualannya Kalah Sama Tesla

Peningkatan penjualan Tesla lebih tinggi 30 persen dari Volkswagen.

Red: Firkah fansuri
Pengunjung melihat kendaraan listrik (EV) Tesla Model 3 di China International Consumer Products Expo ketiga, di Haikou, Provinsi Hainan, China 12 April 2023.
Foto: Reuters
Pengunjung melihat kendaraan listrik (EV) Tesla Model 3 di China International Consumer Products Expo ketiga, di Haikou, Provinsi Hainan, China 12 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,Pembuat mobil Jerman mengumumkan rencana berani beberapa tahun terakhir untuk beralih ke mobil listrik dan menantang dominasi Tesla Inc. Hanya saja mereka saat ini jauh tertinggal di belakang.

Tesla mengirimkan hampir 890.000 mobil pada paruh pertama tahun ini. Angka itu lebih banyak daripada mobil listrik produksi gabungan produsen Jerman yang terdiri dari Grup Volkswagen, Grup BMW, Mercedes-Benz Group, dan Porsche Group.

Baca Juga

Pembuat mobil Jerman sedang berjuang karena masalah perangkat lunak sehingga harus menunda model utama dan hal itu berkontribusi pada penurunan penjualan di China, pasar terbesar mereka, tempat Tesla dan juara lokal BYD Co. Investor akan mendengar laporan dari tiga perusahaan Jerman minggu ini, dengan Porsche melaporkan laba kuartalan Rabu, diikuti oleh Mercedes, dan VW pada Kamis.

Saat Tesla mendorong lebih banyak volume penjualan dengan pemotongan harga yang agresif, itu menambah tekanan pada pabrikan Jerman yang berjuang untuk mengimbangi. Penjualan EV Tesla meningkat 30 persen lebih banyak dari VW dalam tiga bulan yang berakhir pada Juni. Dan hal itu semakin  memperluas keunggulan Tesla.

Sementara produsen otomotif Jerman terperosok dalam pembicaraan yang sulit dengan serikat pekerja tentang memperbaharui pabrik era pembakaran mereka, Tesla berencana untuk memperluas pabriknya di Jerman dan bersiap untuk membangun pabrik baru di Meksiko.

“Tesla masih jauh di depan pembuat mobil Jerman di semua pasar utama,” kata Matthias Schmidt, seorang analis otomotif yang berbasis di dekat Hamburg. “Pembuat mobil Jerman berada di bawah tekanan untuk meningkatkan volume guna mencapai skala ekonomi yang diperlukan untuk membuat EV menguntungkan.”

photo
Kendaraan Volkswagen ID.7 ditampilkan dalam Rapat Umum Tahunan ke-63 Volkswagen AG di Berlin, Jerman 10 Mei 2023.  - (Reuters)

 

Saham Tesla, yang meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini, turun sebelum dimulainya perdagangan AS pada hari Senin setelah UBS memangkas peringkat sahamnya.

Pembuat mobil Jerman berkembang pesat di masa lalu karena mereka menyempurnakan produksi kendaraan berbahan bakar bensin dan solar, dengan ratusan pembuat suku cadang lokal berkualitas tinggi yang memasok mereka dengan kotak roda gigi, injektor bahan bakar, dan poros engkol. Sekarang setelah baterai mengambil alih, "Vorsprung durch Technik" mereka telah menguap.

Saat ini Jerman yang merupakan ekonomi terbesar Eropa, sedang menghadapi tekanan inflasi, kekurangan pekerja terampil, dan harga energi yang tinggi menambah tantangan struktural yang ditimbulkan oleh pergeseran EV. Ekspektasi pembuat mobil Jerman berada pada titik terburuk sejak krisis keuangan 2008, menurut sebuah survei Ifo Institute yang berbasis di Munich yang diterbitkan bulan ini.

Ancaman terbesar yang dihadapi pembuat mobil Jerman adalah posisi mereka yang melemah di China. VW, BMW, dan Mercedes mendominasi penjualan mobil pembakaran internal di pasar mobil terbesar dunia selama beberapa dekade. Tetapi baru-baru ini telah tertinggal dari merek China yang lebih baik dalam menghasilkan EV yang terjangkau dengan teknologi dan perangkat lunak yang disesuaikan dengan selera lokal. 

Mercedes memangkas harga di China untuk sedan listrik andalannya, EQS, akhir tahun lalu setelah penjualannya mengecewakan.

VW, khususnya, berada di bawah tekanan, dengan penjualan BYD mengungguli perusahaan di China selama kuartal pertama. Penjualan EV pabrikan Jerman di China turun di paruh pertama di pasar yang tumbuh 20 persen.

EV diharapkan mencapai 90 persen pasar China pada tahun 2030, menambah urgensi bagi Jerman untuk mempercepat penawaran EV yang lebih kompetitif. Pembuat mobil terbesar di Eropa bulan lalu mengganti CEO Audi sebagian karena ingin menghentikan penurunan merek tersebut di China.

“Pemimpin EV saat ini di China akan memperketat cengkeraman mereka di pasar," kata analis dari HSBC dalam sebuah laporan bulan ini. “Dengan pengecualian Tesla, kami pikir mereka semua adalah merek China EV.”

Semua tidak hilang

Elon Musk telah membuka jendela peluang bagi petahana yang ingin mengejar ketinggalan, setelah meluncurkan kendaraan penumpang baru terakhirnya — Model Y — pada tahun 2020. Tesla belum mendesain ulang Model 3 sejak mulai diproduksi enam tahun lalu, meskipun pekerjaan penyegaran sedang dilakukan.

Sementara itu BYD menghindari pasar AS karena hambatan perdagangan, dan beberapa startup EV Cina yang lebih kecil mungkin tidak dapat bertahan dari perang harga ini.

Perusahaan Jerman masih menghasilkan keuntungan yang sehat dengan menjual model mesin pembakaran, termasuk di China. Mercedes dan BMW tidak mengikuti Tesla dari segmen harga premium dan masih menggandakan penjualan EV, dari tahun ke tahun. Rencana Jerman untuk memperkenalkan platform yang berfokus pada EV sekitar pertengahan dekade untuk menurunkan biaya mobil listrik mereka dan melengkapinya dengan teknologi baru dapat mengubah dinamika.

VW sedang menyiapkan EV kompak dengan harga kurang dari 25.000 euro- mobil rakyat untuk zaman listrik – akan diproduksi beberapa tahun lagi. Pembuat mobil terbesar di Eropa itu baru-baru ini meningkatkan rencana pengeluaran lima tahunnya menjadi 180 miliar euro, dengan lebih dari dua pertiganya digunakan untuk perangkat lunak dan kendaraan listrik. Sedan ID.7-nya yang akan memasuki ruang pamer akhir tahun ini hadir dengan tampilan augmented-reality yang memancarkan informasi ke pengemudi.

Mercedes akan memperkenalkan versi elektrik sedan kompak CLA di AS tahun depan untuk lebih bersaing dengan Tesla Model 3, menurut laporan Automotive News. Ini juga menggemparkan G-Wagon yang ikonik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement