Rabu 09 Aug 2023 16:15 WIB

Menko PMK Muhadjir Tegaskan 6 Warga Papua Tengah Meninggal karena Kelaparan

Muhadjir sempat marah karena penyebab kematian karena diare bukan kelaparan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Karta Raharja Ucu
Menko PMK Prof Muhadjir Effendy. Muhadjir menegaskan enam warga Papua Tengah meninggal karena kelaparan.
Foto:

BANTUAN LOGISTIK DISALURKAN

Sebelumnya, terjadi krisis pangan di dua distrik di Kabupaten Puncak, Papua Tengah yang berdampak ke 7.500 warga di wilayah tersebut. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut telah mendistribusikan sebanyak 7.685 kilogram (kg) logistik bantuan krisis pangan ke daerah itu.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan, bantuan berupa  sembako, matras, selimut, genset, dan tenda gulung ini telah terdistribusi. "Per 7 Agustus di Sinak kita sudah menurunkan 3,8 ton dan di Agandugume sudah 3,8 ton, Agandugume ini yang lebih dekat dengan daerah yang terdampak, dan untuk ke Sinak kita sudah stop karena jaraknya jauh," ujar Muhari dalam keterangannya, dikutip Selasa (8/8/2023).

Muhari menjelaskan, cuaca dan medan yang sulit menjadi kendala dalam penyaluran bantuan pangan ke wilayah yang dilanda kekeringan di Papua Tengah. Namun demikian, tim bantuan dari Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mengirimkan bantuan tersebut.

“Mulai dari hari Sabtu kemarin tanggal 5 itu kita sudah bisa tembus ke Agandugume dan setiap hari kita usahakan ada apa bantuan yang kita kirimkan dengan pesawat caravan, jadi pesawat caravan ini satu porsinya itu cuma bisa mengangkut 900 kg,” ujarnya.

Mentan menyebut penyebab enam warga meninggal dunia karena diare...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement