Ahad 27 Aug 2023 13:40 WIB

Orang yang Berilmu Derajatnya Lebih Tinggi dari Orang Biasa tapi Ahli Ibadah 

Allah SWT mengangkat derajat orang-orang yang berilmu

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi orang berilmu. Allah SWT mengangkat derajat orang-orang yang berilmu
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi orang berilmu. Allah SWT mengangkat derajat orang-orang yang berilmu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Orang-orang yang memahami ilmu-ilmu agama dan mengamalkannya memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang awam yang ahli ibadah.    

Orang yang berilmu dapat sempurna dalam mengerjakan sebuah amal ibadah karena mengetahui ilmunya. Sedangkan ahli ibadah yang bodoh bisa jadi sia-sia amalnya sebab tidak mengetahui ilmunya. Tentang perbedaan derajat antara orang berilmu dan ahli ibadah ini telah dijelaskan Rasulullah ﷺ.    

Baca Juga

Sebagaimana disebutkan Imam al-Mundziri dalam kitab at-Targhib wa at-Tarhib, dia menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad ﷺ yang diriwayatkan Imam Tirmidzi:     

وَعَنْ أَبِى أُمَامَةَ قَالَ ذُكِرَلِرَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلَا نِ أَحَدُهُمَاعَابِدٌ وَالْاَخَرُعَالِمٌ فَقَالَ عَلَيْهِ اَفْضَلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ : فَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِكَفَضْلِى عَلَى اَدْنَاكُمْ , ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِنَّ اللَّهَ وَمَلَا ئِكَتَهُ وَاَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالْاَرْضِ حَتَّى النَّمْلَةِ فِى جُحْرِهَااوَحَتَّى الْحُوْتَ لَيُصَلُّوْنَ عَلَى مُعَلِّمِى النَّاسِ الْخَيْرَ