Jumat 29 Sep 2023 16:46 WIB

Berbagi Kasih Bersama Lansia, Relawan Orang Muda Ganjar Tebar Nilai Rasa Sayang

Tangis haru pun tak terelakkan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Kegiatan berbagi kasih di Panti Wredha Rindang Asih II, Kota Semarang.
Foto: Dok. Web
Kegiatan berbagi kasih di Panti Wredha Rindang Asih II, Kota Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA SEMARANG -- Banyak cara dapat dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang antar sesama, khususnya kepada orang tua. Seperti kegiatan berbagi kasih yang dilakukan kelompok relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jawa Tengah di Panti Wredha Rindang Asih II, Kota Semarang.

Tangis haru pun tak terelakkan saat mereka sedang mendengarkan cerita dari salah satu lansia. Mereka juga tampak saling berpelukkan. 

Baca Juga

"Tadi ngobrol banyak sih seperti di sini itu dari kapan, terus umur berapa. Terus yang membuat kita menangis itu oma opa terlihat senang sekali punya banyak teman dan tidak sendiri, banyak teman untuk cerita. Tadi juga ada yang cerita dia tidak punya anak, makanya tinggal di sini," ujar Ayunda, salah satu sukarelawan Orang Muda Ganjar Jawa Tengah, seperti dilansir pada Jumat (29/9/2023) 

Pada kesempatan itu, para sukarelawan juga turut melakukan senam bersama para lansia dan pengecekan kesehatan gratis. Mereka juga menyalurkan bantuan berupa alat kesehatan terapi akupunktur dan tanaman hidroponik untuk panti.

Ayunda menambahkan, kegiatan dari para relawan ini sangat berkesan baginya lantaran tidak hanya menjalin silaturahmi saja, tetapi juga momen untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang tua.

"Kegiatan ini berkesan sekali karena kita jadi tahu kalau di sini ada panti jompo, sebelumnya saya tidak tahu. Terus tahu juga kalau di sini orangnya baik-baik, bisa berbagi cerita juga, orangnya juga ceria semua," ucap Ayunda.

"Semoga orang tua kalian yang masih ada tolong disayangi dan dikasihi sekali dan bersyukurlah seharusnya," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan sukarelawan lainnya bernama Dea. Dia berharap, kegiatan Orang Muda Ganjar dapat menginspirask anak-anak muda lainnya untuk terus menumbuhkan kepedulian dan kasih sayang antar sesama, terutama kepada para orang tua.

"Kita ke sini tujuannya untuk menghibur oma-opa terus menjalin silaturahmi juga. Sayangilah orang tua kalian yang masih ada," kata Dea.

Ganjar sendiri dikenal kerap merangkul para lansia. Beberapa waktu lalu, saat masih menjabat sebagai Gubernur Jateng, iamemberi kejutan kepada para lanjut usia yang berada di Panti Wreda Dharma Bhakti Kasih, Kota Surakarta, di sela mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo.

Ganjar beserta istri Siti Atikoh sengaja berkunjung ke panti wreda tersebut untuk berbagi kebahagiaan dengan 44 orang lansia.

Lagu berjudul Terima Kasih Tuhan menyambut kedatangan Ganjar dan istri di tempat itu dengan hangat oleh para lansia yang tampak bersemangat dan mendekat untuk bersalaman.

“Senang sekali rasanya didatangi Pak Ganjar. Ini kejutan dan momen langka sekali," kata salah seorang lansia bernama Bernadheta.

Ganjar sengaja mampir ke Panti Wreda Dharma Bhakti Kasih. "Pas ada Jumat Agung menuju perayaan Paskah, ada kakek nenek kita yang butuh perhatian, maka saya tengok dan berbagi kebahagiaan dengan mereka. Mereka kelihatan senang sekali," kata dia kala itu, demikian dinukil dari Antara

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement