Rabu 11 Oct 2023 04:12 WIB

Tak Sengaja Berkata Kotor Ketika Kaget atau Latah, Ucap Istighfar 10 Kali

Saat tak sengaja berucap kotor, Muslim dianjurkan mengucap istighfar 10 kali.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Dua orang sedang bebricara (ilustrasi). Terkadang ketika kaget, seseorang mengucap kata kotor. Bagaimana Islam memandangnya?
Foto: mgrol100
Dua orang sedang bebricara (ilustrasi). Terkadang ketika kaget, seseorang mengucap kata kotor. Bagaimana Islam memandangnya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang mudah kaget dan latah bisa memberikan respons yang beragam ketika terkejut. Terkadang, respons yang mereka berikan berupa mengucapkan perkataan yang kasar atau kotor.

Bagi sebagian orang, reaksi berlebih dari orang yang mudah kaget dan latah dianggap lucu serta menghibur. Oleh karena itu, sebagian orang kerap menggoda dan sengaja mengejutkan individu yang mudah kaget atau latah agar dia melontarkan kata kasar atau kotor secara terus-menerus tanpa bisa terkontrol.

Baca Juga

Muslim yang mudah berkata kasar atau kotor saat kaget tentu harus berhati-hati. Alasannya, perkataan kasar dan kotor merupakan hal yang tidak disukai oleh Allah SWT. Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda bahwa semua orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya berbicara yang baik atau diam bila tidak bisa berkata baik.

"Itu disandingkan dengan dua rukun iman, yaitu iman kepada Allah dan hari akhir. Itu artinya satu hal yang penting sekali," ujar Ustadz Erick kepada Republika.co.id pada Selasa (10/10/23).