Rabu 18 Oct 2023 15:04 WIB

MER-C Kutuk Keras Pengeboman RS Al Ahli Arabi Baptist

RS Al Ahli Arabi Baptist menjadi target serangan udara militer Israel.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Serangan udara Israel telah meluluhlantakkan Rumah Sakit Baptis Al-Ahli di Jalur Gaza, Selasa (17/10/2023) malam waktu setempat.
Foto: AP
Serangan udara Israel telah meluluhlantakkan Rumah Sakit Baptis Al-Ahli di Jalur Gaza, Selasa (17/10/2023) malam waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seluruh dunia dibuat geger dengan pengeboman terhadap rumah sakit oleh pasukan Israel. MER-C Indonesia turut bersuara dan mengutuk keras pengeboman yang menargetkan rumah sakit di Jalur Gaza tersebut.

RS Al Ahli Arabi Baptist menjadi target serangan udara militer Israel pada Selasa (17/10/2023) waktu setempat. Serangan brutal ini menewaskan sedikitnya 500 orang dan melukai 600 orang lainnya, yang sedang berada di rumah sakit tersebut.

Baca Juga

“Kami mengutuk keras pengeboman terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga medis, serta orang-orang yang terluka dan sakit. Ini adalah sebuah pelanggaran HAM berat, sebuah pelanggaran terhadap Hukum Kemanusiaan Internasional,” kata Ketua Presidium MER-C Indonesia Sarbini Abdul Murad, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Rabu (18/10/2023).

Ia juga mengatakan masyarakat dunia harus memberikan tekanan secara kolektif dan simultan kepada Israel. PBB dan masyarakat Internasional harus bersama-sama mencegah pembantaian massal di Gaza. Menurutnya, jika dunia tidak segera menghentikan perang ini, maka akan terjadi bencana kemanusiaan yang lebih dahsyat.