Rabu 01 Nov 2023 16:43 WIB

Akses Sanitasi Kurang, Perempuan Gaza Terpaksa Minum Pil Penunda Menstruasi

Pil norethisterone mencegah peluruhan dinding rahim yang menyebabkan menstruasi.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Seorang gadis muda membawa makanan yang didistribusikan di kamp darurat di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada (25/10/2023). Perempuan Gaza terpaksa meminum pil penunda menstruasi.
Foto:

Salma menyesali dampak psikologis dan fisik perang terhadap perempuan. Karena banyak dari mereka tidak hanya dicekam oleh kekhawatiran seperti kesehatan menstruasi tetapi juga bagaimana cara merawat anak-anak mereka. 

“Dalam perang, kami dipaksa melakukan apa pun yang kami bisa. Tidak pernah ada pilihan," kata Salma.

Lebih dari 1,4 juta orang telah menjadi pengungsi di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023. Mereka hidup dalam kondisi yang memprihatikan. Mereka berdesakan di sekolah PBB yang diubah menjadi tempat penampungan,  sehingga tidak ada ruang untuk privasi.

Dampak serangan Israel, yang kini memasuki hari ke-25, sangat menghancurkan.  Lebih dari 8.500 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. 

Menurut Nevin Adnan, seorang psikolog dan pekerja sosial yang berbasis di Kota Gaza, perempuan biasanya mengalami gejala psikologis dan fisik pada hari-hari sebelum dan selama menstruasi, seperti perubahan suasana hati dan nyeri perut bagian bawah dan punggung. Gejala-gejala ini dapat memburuk pada saat stres seperti perang yang sedang berlangsung. Selain itu, bisa juga terjadi peningkatan gejala fisik yang berhubungan dengan menstruasi, seperti sakit perut dan punggung, sembelit dan kembung.

“Perpindahan menyebabkan stres yang ekstrim dan itu mempengaruhi tubuh wanita serta hormonnya,” ujar Adnan.

Adnan menambahkan, wanita mungkin mengalami insomnia, rasa gugup terus-menerus, dan ketegangan ekstrem. Adnan mengatakan, saat ini lebih banyak perempuan yang bersedia meminum pil penunda menstruasi untuk menghindari rasa malu karena kurangnya kebersihan, privasi, dan produk kesehatan yang tersedia.

Adnan mengatakan, dalam keadaan normal, berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum tablet ini penting untuk mengetahui efek pil samping pil tersebut dan penggunaannya yang berkelanjutan terhadap kesehatan fisik wanita. “Hal ini dapat mempengaruhi perubahan hormonal alami seorang wanita, tanggal menstruasinya di bulan berikutnya, jumlah darah yang keluar, dan apakah menstruasinya berhenti,” kata Adnan.

Samira al-Saadi, yang mengungsi bersama keluarganya di sebuah sekolah yang dikelola PBB di sebelah barat Khan Younis, berharap dia bisa berbuat lebih banyak untuk putrinya yang berusia 15 tahun. Putri Samira mendapat menstruasi pertamanya beberapa bulan lalu. Putri Samira kewalahan karena baru saja mulai menstruasi dan harus mengatur menstruasinya di tempat penampungan yang padat.

“Dia membutuhkan pembalut dan air untuk mencuci, tapi kebutuhan dasar ini tidak tersedia," ujar Samira.

Salma khawatir jika putrinya mengonsumsi....

 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ نَافَقُوْا يَقُوْلُوْنَ لِاِخْوَانِهِمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ لَىِٕنْ اُخْرِجْتُمْ لَنَخْرُجَنَّ مَعَكُمْ وَلَا نُطِيْعُ فِيْكُمْ اَحَدًا اَبَدًاۙ وَّاِنْ قُوْتِلْتُمْ لَنَنْصُرَنَّكُمْۗ وَاللّٰهُ يَشْهَدُ اِنَّهُمْ لَكٰذِبُوْنَ
Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang munafik yang berkata kepada saudara-saudaranya yang kafir di antara Ahli Kitab, “Sungguh, jika kamu diusir niscaya kami pun akan keluar bersama kamu; dan kami selama-lamanya tidak akan patuh kepada siapa pun demi kamu, dan jika kamu diperangi pasti kami akan membantumu.” Dan Allah menyaksikan, bahwa mereka benar-benar pendusta.

(QS. Al-Hasyr ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement