Rabu 06 Dec 2023 05:55 WIB

Sosok Hantu yang Ditakuti dan Jadi Target Utama Perburuan Zionis Israel  

Boudia dikenal sebagai revolusioner anti zionis Israel

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Mohammad Boudia (kanan) dan mantan perdana menteri Israel Golda Meir (kiri). Boudia dikenal sebagai revolusioner anti zionis Israel
Foto:

Setelah operasi “Wrath of God” yang dilancarkan oleh PM Israel Golda Meir, di mana Mahmoud Al-Hamshari dibunuh pada Januari 1973, respons datang dengan cepat. Seorang perwira senior Mossad bernama Cohen Baruch dibunuh. Baruch, yang memiliki julan "Yuri Molo" saat itu sedang bersembunyi di Madrid, Spanyol. 

Di tengah perang bayangan, dan pertarungan hantu antara Mossad dan Black September, Boudia sering melakukan penyamaran. Suatu kali, sebuah mobil mengikuti Boudia lalu dia pun memasuki sebuah toko. Sementara para pengintai tetap menunggunya, tetapi gagal. Sebab ternyata Boudia termasuk di antara mereka yang berangkat beberapa jam sebelumnya, dengan mengenakan pakaian perempuan. 

Selama tujuh tahun, sejak pertemuannya dengan Wadie Haddad pada 1967, Boudia sadar bahwa dia dicurigai dan terus-menerus diawasi oleh dinas keamanan Perancis dan Barat, tanpa meninggalkan bukti untuk menghukumnya. 

Namun, pagi hari 28 Juni 1973, menjadi hari terakhir Boudia menghembuskan nafas terakhirnya, setelah beberapa pekan menghilang. Pagi itu dia berjalan mendekati mobilnya. Seperti biasa, dia selalu mengecek terlebih dulu dan memastikan tidak ada apapun di dalam. 

Lalu ketika menyalakan mesin mobil, ada percikan listrik menyentuh kabel yang terhubung dengan bom yang ditanam tepat di bawah kursi penyetir. Boudia meninggal seketika. 

Berita itu bagaikan sambaran petir bagi rekannya, Hussein Zahwan, dan rekannya, Bashir Boumazza, yang menangis dengan sedihnya. Mereka telah memperingatkan Boudia dua pekan lalu untuk menghilang. 

Tidak ada yang tahu bagaimana kelompok "Wrath of God" Mossad sampai ke kepala Pria Berwajah Seratus itu. Yang ada hanya dugaan menghubungkan operasi infiltrasi oleh faksi Palestina dan Yahudi Prancis asal Aljazair. 

Baca juga: Heboh Wolbachia, Ini Tafsir dan Rahasia Nyamuk yang Diabadikan Alquran Surat Al-Baqarah

Hussein Zahwan, rekan Boudia, mengungkapkan dalam simposium surat kabar Al-Mujahid yang didedikasikan untuk mengenang "Abu Diya", sebagai berikut: 

"Dia diburu melalui koordinasi antara agen Prancis dan lembaga Barat yang berkoordinasi dengan Mossad. Mobilnya ditanami smart chip untuk melacak pergerakan kendaraan, dan kemudian dibom setelah dipastikan bahwa itu adalah kendaraannya." 

 

 

Sumber: arabicpost   

photo
Sejarah Perlawanan Palestina - (Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement