Sabtu 13 Jan 2024 18:49 WIB

Kaesang Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Teknologi

Kaesang berdiskusi dengan para pelaku UMKM di Semarang.

Red: Muhammad Hafil
Kaesang berdiskusi dengan para pelaku UMKM di Semarang.
Foto: Antara
Kaesang berdiskusi dengan para pelaku UMKM di Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyapa dan berdiskusi dengan para pelaku UMKM di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 250 peserta itu, Kaesang berdiskusi dengan para peserta, yang didominasi oleh ibu-ibu, terkait tantangan pemasaran produk-produk UMKM.

Baca Juga

"Saya sudah memetakan gimana PSI akan membuat creative hub … jadi teman-teman (pelaku UMKM) bisa saling pamer (produknya),' tuturnya.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu juga mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi sebagai wadah untuk memasarkan produk-produknya.

Pada kesempatan tersebut, Kaesang juga menekankan pentingnya peran anak muda dalam menghadapi bonus demografi sekaligus mempersiapkan generasi muda menuju Indonesia Emas 2045.

Kaesang mengatakan bahwa dirinya memiliki program pelatihan gratis bernama 'Enigma', yang khusus memfasilitasi program coding dan programming selama tiga bulan, guna mempersiapkan tenaga-tenaga muda lulusan SMK/SMA/sederajat untuk mendapatkan pekerjaan.

Business model ini bisa membantu teman-teman SMK sederajat untuk mendapatkan pekerjaan, ucapnya.

"Saya bisa menghasilkan 100 orang dalam satu tahun … dan kurikulum ini gratis," sambungnya.

Creative hub sebelumnya telah diperkenalkan oleh kader PSI Faldo Maldini selaku inisiator pada 12 Januari lalu. Faldo telah membentuk Creative hub Faldo Maldini di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Creative hub ini memfasilitasi anak-anak muda untuk menjadi kreator konten. Faldo mengatakan saat ini sudah ada 50 orang yang datang memanfaatkan creative hub ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement