Ahad 14 Jan 2024 22:52 WIB

Lapangan Kerkhof Garut Selesai Direnovasi, Gunakan Rumput Sintetis dari Cina

Pemkab Garut juga mengganti rumput alami di lapangan sepakbola SOR Kerkhof.

Rep: Bayu Adji/ Red: Muhammad Hafil
Bupati Garut Rudy Gunawan meresmikan wajah baru lapang sepak bola SOR Merdeka Kerkhof, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jumat (12/1/2024).
Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Garut
Bupati Garut Rudy Gunawan meresmikan wajah baru lapang sepak bola SOR Merdeka Kerkhof, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jumat (12/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut meresmikan lapangan sarana olahraga (SOR) Merdeka Kerkhof di Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, usai direnovasi besar-besaran, Jumat (12/1/2024). Dalam renovasi itu, Pemkab Garut juga mengganti rumput alami di lapangan sepakbola SOR Kerkhof dengan rumput sintetis yang diimpor dari Cina.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, lapangan sepak bola di SOR Kerkhof saat ini telah memenuhi standar nasional. Lapangan itu nantinya dapat digunakan oleh masyarakat umum, khususnya warga Kabupaten Garut. Namun, sementara ini lapangan tersebut belum bisa digunakan karena masih dalam tahap pemeliharaan.

Baca Juga

"Ini tidak boleh digunakan dalam 45 hari. Dalam 45 hari itu masih ada pemeliharaan," kata dia melalui siaran pers, Ahad (14/1/2024).

Selain lapangan sepakbola, Pemkab Garut melakukan merenovasi lintasan lari di SOR Kerkhof. Namun, untuk lintasan lari itu pekerjaannya masih belum selesai.

Menurut Rudy, pekerjaan renovasi lintasan lari di SOR Kerkhof akan dilanjutkan pada tahun ini. Pemkab Garut disebut telah menyiapkan anggaran Rp 4 miliar untuk penyelesaian lintasan lari beserta fasilitas penunjang lainnya.

Ia menegaskan, penggunaan SOR Kerkhof akan terbuka untuk kegiatan masyarakat umum. Namun, masyarakat yang hendak menggunakan harus koordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SOR Kerkhof. Meskipun lapangan tidak disewakan, akan ada tarif retribusi dan parkir yang berlaku.

"Ini tidak disewakan, parkir biasa itu sesuai ketentuan, kalau itu (pertandingan) nanti ke UPTD, kalau digunakan (tetap) bayar dong," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut Ade Hendarsyah mengatakan proses renovasi SOR Kerkhof itu telah menelan anggaran Rp 5 miliar, khususnya untuk penataan lapangan sepak bola dan lintasan atletik. Selain itu, anggaran juga digunakan untuk penambahan penerangan.

"Khusus untuk lapangan sepak bola itu semula rumput alami. Nah ini kami ganti dengan menggunakan rumput sintetis. Insyaallah rumput ini sudah berstandar internasional," kata dia.

Ia berharap, renovasi yang dilakukan itu dapat meningkatkan kegemaran masyarakat untuk berolahraga, terutama di cabang sepakbola dan atletik. Dengan begitu, prestasi olahraga dari Kabupaten Garut dapat makin meningkat.

Ade juga mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga wajah baru SOR Kerkhof. Harapannya, kondisi lapangan bisa terus terawat.

"Kami juga akan menyiapkan beberapa tempat sampah termasuk menyiapkan petugas. Kami juga akan lakukan pemagaran, agar yang masuk bisa tertib," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement