Kamis 15 Feb 2024 04:14 WIB

Mudah Marah Saat Lapar, Tanda Penyakit Apa?

Kecenderungan untuk mudah marah ketika lapar sering juga disebut hangry.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Orang dibekap perasaan marah (ilustrasi). Salah satu dari tanda awal diabetes adalah hangry atau kecenderungan untuk mudah marah ketika lapar.
Foto:

Mengenali dan mewaspadai tanda-tanda awal diabetes tipe 2 dapat membantu penderita agar penyakit mereka terdiagnosis lebih dini. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan terapi diabetes yang dibutuhkan agar kadar gula darahnya terkendali dan risiko terhadap komplikasi menurun.

photo
Cegah pradiabetes berkembang menjadi diabetes. - (Republika)

Untuk mencegah diabetes tipe 2 atau mengelola kadar gula darah, National Health Service menganjurkan orang-orang untuk menyantap jenis makanan yang beragam. Makanan ini mencakup buah, sayur, karbohidrat, hingga protein dengan komposisi yang seimbang atau secukupnya.

Selain itu, asupan gula, lemak, serta garam perlu dibatasi. Mengacu pada anjuran Kementerian Kesehatan RI, batas aman konsumsi gula, garam, dan lemak adalah 50 gram (4 sendok makan) gula, 5 gram (1 sendok teh) garam, serta 67 gram (5 sendok makan) lemak per hari.

National Health Service juga merekomendasikan aktivitas fisik sebanyak 2,5 jam per pekan. Bagi yang bertubuh gemuk, menurunkan berat badan juga sangat dianjurkan untuk mengelola kadar gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement