Ahad 10 Mar 2024 16:33 WIB

Pengawas Properti Senjata Film Rust Dinyatakan Bersalah, Bagaimana dengan Alec Baldwin?

Sinematografer film Rust tewas tertembak di lokasi syuting pada Oktober 2021.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Foto sinematografer Halyna Hutchins terpajang dalam acara peringatan kematiannya, Sabtu (23/10). Hutchins meninggal setelah tertembak senjata properti film Rust yang dipegang aktor Alec Baldwin.
Foto:

Sosok lain yang hadir dalam persidangan ialah Rachel Mason, teman mendiang Hutchins. Dia juga memproduksi film dokumenter tentang sahabatnya itu yang berjudul Halyna. Diwawancarai usai putusan, Mason mengaku masih memproses perasaan duka atas kehilangan sahabatnya.

"Perasaan saya secara keseluruhan adalah kesedihan yang luar biasa karena Halyna sudah tidak ada. Hannah masuk penjara tidak akan mengubah takdir itu," kata dia.

Untuk memvonis bersalah atas dakwaan pembunuhan tidak disengaja, para juri harus setuju bahwa Gutierrez-Reed bertindak dengan "sengaja mengabaikan keselamatan orang lain". Selain itu, kematian tersebut juga harus dapat dianggap sebagai konsekuensi yang "dapat diperkirakan" dari tindakannya.

Sesaat sebelum putusan diambil, para juri mengajukan pertanyaan tentang kemungkinan "peristiwa intervensi" yang akan memutus rangkaian perkiraan peristiwa sebelumnya. Hakim Marlowe Sommer mengaku belum bisa memberikan penjelasan lebih jauh dari apa yang tertuang dalam instruksi juri.

Dalam argumen penutupnya pada Rabu pagi, jaksa Kari Morrissey berpendapat bahwa tindakan Gutierrez-Reed merupakan kegagalan yang "mengejutkan" dalam mematuhi praktik keselamatan industri. Dia berpendapat bahwa Gutierrez-Reed bertanggungjawab untuk mengatur senjata langsung, dan dia tidak pernah dengan benar memastikan itu hanyalah cold gun.

Juri tampaknya setuju dengan penilaian itu. Seharusnya, Gutierrez-Reed memastikan senjata sebelum benar-benar digunakan untuk syuting.

"Tugas pengawas senjata ialah memeriksa peluru-peluru dan senjata api," kata Sanchez.

Pengacara pembela Jason Bowles mengaku kecewa dengan putusan hakim dan akan mengajukan banding. Menurut dia, bukti yang ada tidak cukup untuk menjatuhkan hukuman.

"Itu hanya dugaan, banyak spekulasi," kata Bowles.

Mary Carmack-Altwies, jaksa wilayah terpilih di Santa Fe, mengeluarkan pernyataan pada Rabu sore. Dia berterima kasih kepada juri dan Morrissey serta Jason Lewis, pengacara luar yang dia tunjuk sebagai jaksa khusus dalam kasus ini.

"Sejak awal, kasus ini tujuannya untuk memberikan keadilan kepada keluarga dan teman-teman Halyna Hutchins dan untuk memastikan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas kematiannya dimintai pertanggungjawaban,” kata Carmack-Altwies.

Karenanya, tim penuntut menghabiskan upaya investigasi yang terbukti sangat penting untuk berhasil melanjutkan kasus tragis dan sepenuhnya dapat dicegah ini. Morrissey dan Lewis mengambil alih kasus ini pada Maret lalu, setelah Carmack-Altwies dan jaksa khusus lainnya menarik diri.

Kedua pengacara swasta tersebut menyewa seorang ahli senjata api baru dan ahli pencitraan. Mereka menggali rekaman di balik layar, dan melakukan peninjauan menyeluruh terhadap ribuan foto dan video, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Gutierrez-Reed telah membawakan rekaman langsung tersebut ke lokasi syuting.

Sanchez mengatakan juri setuju dengan kesimpulan itu. Gloria Allred, yang menggugat Baldwin dan produser Rust atas nama orang tua dan saudara perempuan Hutchins, mengeluarkan pernyataan yang mengatakan dia "puas" dengan putusan tersebut. Akan tetapi, kliennya berharap semua pihak yang punya andil dimintai pertanggungjawaban.

Ini adalah persidangan dan hukuman pertama dalam proses peradilan pidana. Allred dan rekan penasihatnya John Carpenter mengaku menantikan sistem peradilan yang adil.

"Kami berharap agar pengadilan terus memastikan bahwa siapa pun yang bertanggungjawab atas kematian Halyna harus menghadapi konsekuensi hukum atas tindakan mereka," kata dia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement