Selasa 14 May 2024 14:35 WIB

Suka Makan Tiram Mentah? Inilah Cara Konsumsi yang Aman

Orang dengan penyakit risiko tinggi diimbau untuk tidak mengonsumsi tiram mentah.

Red: Friska Yolandha
Oyster mentah. Ada risiko kesehatan yang membayangi seseorang yang memakan oyster atau tiram mentah saat temperatur lautan menjadi lebih hangat akibat perubahan iklim.
Foto:

Orang lain yang termasuk dalam kategori ini termasuk mereka yang menderita penyakit hati, diabetes, masalah perut kronis, konsumsi alkohol berlebihan atau metabolisme zat besi yang tidak normal, serta orang yang menjalani perawatan medis yang mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. 

Orang lanjut usia berusia 65 tahun ke atas, orang hamil, dan anak-anak di bawah usia 6 tahun juga dianggap berisiko tinggi dan harus menghindari konsumsi tiram mentah atau setengah matang.

Cara mengonsumsi tiram mentah yang aman.

Sebelum menikmati tiram mentah, para ahli menyarankan untuk membelinya hanya dari pemasok dan restoran terkemuka yang mematuhi protokol penanganan dan penyimpanan makanan yang benar. Jika Anda membeli tiram untuk rumah, segera simpan tiram di lemari es agar tetap segar dan meminimalkan pertumbuhan bakteri. Pilih tiram yang cangkangnya masih utuh dan pastikan untuk mencucinya hingga bersih untuk menghilangkan kotoran.

Bagi individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, pilihlah pilihan tiram yang dimasak, tiram yang digoreng dengan tepung roti, dan rebusan tiram, untuk meminimalkan risiko infeksi sambil tetap menikmati manfaat nutrisinya.

Memasak tiram dengan benar membunuh bakteri, seperti vibrio, kata Venhuizen. Kristin Draayer, ahli diet dan pendiri Nutrition by Kristin. Meskipun dimasak, seseorang masih dapat menikmati protein tingkat tinggi dan asam lemak omega-3 yang ditawarkan tiram, tetapi dengan risiko sakit yang jauh lebih rendah. Rebus, goreng, atau panggang tiram setidaknya selama 3 menit atau panggang pada suhu 450°F selama 10 menit, pastikan tiram mencapai suhu internal 145°F.

 

Terakhir, penting untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang tiram (atau makanan apa pun), serta membersihkan permukaan, karena banyak virus dapat bertahan di tiram dalam jangka waktu yang lama. “Perlu diingat bahwa hampir tidak mungkin mengetahui apakah tiram terkontaminasi hanya dengan melihatnya,” kata Rauch.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement