Selasa 14 May 2024 14:35 WIB

Suka Makan Tiram Mentah? Inilah Cara Konsumsi yang Aman

Orang dengan penyakit risiko tinggi diimbau untuk tidak mengonsumsi tiram mentah.

Red: Friska Yolandha
Oyster mentah. Ada risiko kesehatan yang membayangi seseorang yang memakan oyster atau tiram mentah saat temperatur lautan menjadi lebih hangat akibat perubahan iklim.
Foto:

Kekhawatiran baru-baru ini menunjukkan bahwa tiram dikaitkan dengan norovirus, virus menular yang menyebabkan gejala serupa dan nyeri otot. “Tiram dapat membawa norovirus jika dipanen dari perairan yang tercemar atau oleh individu yang terinfeksi virus tersebut,” jelas Rauch. 

Selain itu, tiram tetap menjadi sumber umum hepatitis A, virus yang sangat menular dan menginfeksi hati.

Selain risiko penyakit bawaan makanan, Danielle Venhuizen, ahli diet dan pemilik Food Sense Nutrition Counseling, mengatakan kepada Yahoo Life bahwa ada peningkatan kekhawatiran mengenai kontaminan lain dalam sumber air. Penelitian menunjukkan bahwa hewan penyaring seperti tiram, kerang, dan remis berpotensi mengakumulasi logam berat dengan konsentrasi tinggi di jaringan lunaknya, sehingga menimbulkan risiko bagi manusia, terutama bagi mereka yang lebih sering memakan tiram. 

Studi lain menemukan bahwa hampir 50 persen tiram yang dibudidayakan mungkin terkontaminasi mikroplastik. “Meskipun kami masih belum sepenuhnya yakin bagaimana hal ini berdampak pada kesehatan manusia, hal ini jelas merupakan sesuatu yang harus diwaspadai,” kata Venhuizen.

Menurut CDC, sekitar 80.000 orang Amerika per tahun jatuh sakit karena bakteri vibrio, yang mengakibatkan sekitar 100 kematian setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, sekitar 52.000 kasus terkait dengan konsumsi makanan yang mengandung bakteri vibrio.

Salah satu spesies yang menjadi perhatian khusus adalah Vibrio vulnificus, yang lebih mengancam jiwa dan menyebabkan kematian jaringan di sekitar luka. Gejalanya meliputi demam, menggigil, kulit kemerahan, lecet, mual, muntah, diare, dan lemas. Dalam kasus yang parah, orang yang terinfeksi mungkin harus dirawat intensif, menjalani amputasi anggota tubuh, atau 1 dari 5 orang, infeksinya bisa berakibat fatal.

Haruskah menghindari makan tiram?

Untuk orang dewasa sehat yang tidak memiliki kondisi medis apa pun, Rauch mengatakan risiko mengonsumsi tiram mentah mungkin sepadan karena gejala vibrio cenderung ringan pada populasi tersebut. Namun, Taylor Janulewicz, ahli diet dan pemilik My Cancer Dietitian, mengatakan agar tiram mentah tidak dikonsumsi oleh siapa pun yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

 

Cara aman mengonsumsi tiram....

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement