Selasa 21 May 2024 06:33 WIB

Benarkah Dominasi Manchester City Buat Liga Primer Inggris Membosankan?

Gelar keenam dalam tujuh musim menggarisbawahi keunggulan City di Liga Primer Inggris

Red: Israr Itah
Para pemaim Manchester City merayakan gelar juara Liga Primer Inggris musim 2023/2024.
Foto:

Arsenal mampu mengontrak Declan Rice dengan biaya transfer Inggris sebesar 138 juta dolar AS pada musim panas lalu untuk memperkuat tim mereka sebagai penantan gelar.

United dan Chelsea adalah contoh dari apa yang bisa terjadi jika uang tidak dibelanjakan dengan baik. Kedua tim ini mengumpulkan skuad mahal yang berkinerja sangat buruk.

Kini sudah 11 tahun sejak United terakhir kali memenangkan gelar pada tahun 2013. Pada saat itu, mereka telah berulang kali gagal lolos ke kualifikasi Liga Champions – termasuk musim ini – dan tidak pernah terpaut lebih dari 12 poin dari sang juara.

Chelsea, sementara itu, mengalami kemerosotan dramatis sejak menjuarai Liga Champions pada 2021 dan gagal lolos dalam dua musim terakhir.

City sudah memenangi dua gelar liga saat Guardiola mengambil alih, namun ia telah mengubahnya menjadi tim super.

Meskipun City adalah tim Inggris pertama yang memenangi empat gelar liga papan atas, mereka tentu saja bukan tim pertama yang menikmati periode kesuksesan yang berkepanjangan.

Liverpool mendominasi dari 1973-90 — memenangkan 11 gelar, empat Piala Eropa dan sejumlah trofi lainnya.

United menguasai era Liga Primer di bawah Ferguson, dengan 13 gelar dari 1993-2013. Ia juga membawa klub meraih dua trofi Liga Champions dan United menjadi klub pertama yang meraih treble yaitu Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA. Terserah kepada rival untuk maju dan mengakhiri laju City.

Dengan mundurnya Klopp dari Anfield dan akan digantikan oleh Arne Slot, tidak diketahui bagaimana tim Liverpool yang dibangun kembali akan berkembang tanpa pelatih Jerman itu.

Slot sangat diharapkan untuk segera menjadi penantang gelar bersama Liverpool pada musim pertamanya bertugas setelah meninggalkan Feyenoord di Belanda.

United nampaknya akan kembali mengalami periode pergolakan menyusul kedatangan salah satu pemilik baru Jim Ratcliffe yang merombak operasional klub sepak bola.

Posisi Erik ten Hag dipertanyakan hampir sepanjang musim. Bahkan memenangi final Piala FA pekan depan melawan City mungkin tidak cukup untuk menyelamatkannya setelah United mencatatkan finis terendah di Liga Primer, yakni peringkat delapan.

Arsenal sepertinya menjadi pesaing utama untuk tahun ketiga berturut-turut. Jika Arteta dapat memperkuat skuadnya dengan striker yang produktif, itu bisa menjadi pembeda pada masa depan.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement