Ahad 16 Jun 2024 10:46 WIB

Menteri Haji Arab Saudi: Haji Berlangsung Sukses

Sebanyak 1,8 juta jamaah menunaikan ibadah haji tahun ini di Tanah Suci.

Red: Ani Nursalikah
Umat Muslim berjalan menuju Arafah untuk melakukan wukuf saat pelaksanaan puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (15/6/2024). Jutaan umat muslim berkumpul di Padang Arafaf untuk melaksanakan prosesi wukuf.
Foto:

Sebelumnya, jamaah menghabiskan malam di Kota Tenda Mina. Jamaah haji laki-laki dengan pakaian putih menyerupai lautan putih umat manusia dan jamaah perempuan dalam balutan abaya menghabiskan jam-jam paling penting dalam perjalanan spiritual seumur hidup mereka.

Imam dan khatib Masjidil Haram di Makkah Syekh Maher Al-Muaiqly menyampaikan khutbah Arafah di Masjid Agung Namira. Khutbah ini mirip dengan khutbah perpisahan Nabi Muhammad SAW yang terkenal ketika beliau menunaikan ibadah haji satu-satunya.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Ini Panduan Doa Lengkap Menyembelih Hewan Kurban

photo
Umat Muslim berkumpul saat melakukan wukuf di Arafah saat pelaksanaan puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (15/6/2024). Jutaan umat muslim berkumpul di Padang Arafaf untuk melaksanakan prosesi wukuf. - (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Dalam khutbahnya, Syekh Al-Muaiqly mengimbau seluruh umat Islam untuk menaati apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangan-Nya demi meraih kemenangan, keselamatan, dan kebahagiaan baik dunia maupun akhirat. “Haji merupakan wujud keikhlasan beribadah kepada Tuhan dan bukan wadah slogan-slogan politik,” ujarnya.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Badan Umum Statistik Arab Saudi pada Sabtu, sebanyak 1.833.164 jamaah menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka meliputi 1.611.310 jamaah asing dan 221.854 jamaah haji dalam negeri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement