Senin 17 Jun 2024 19:31 WIB

Profesi Live Streamer di China Kian Cemerlang, Penghasilannya tak Main-Main

China sedang mempertimbangkan profesi live streamer ke dalam daftar yang diakui.

Rep: Eva Rianti/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi live streaming. China sedang mempertimbangkan profesi live Streamer ke dalam daftar yang diakui.
Foto:

Netizen di China kerap menyindir bahwa lulusan perempuan akan bekerja sebagai live streamer dan laki-laki sebagai pengantar makanan. “Live streamer memesan makanan pesan antar saat lapar dan petugas pengantaran menonton streaming langsung saat mereka lelah, menciptakan loop tertutup yang sempurna,”.

Menguntungkan Pencari Kerja dan Pemerintah

China terus-menerus merevisi pekerjaan dalam daftar profesi resminya selama dekade terakhir. Dokumen ini telah mengalami dua revisi besar sejak diterbitkan pada 1999. Versi terbaru pada tahun 2022 menampilkan 1.636 profesi, berkurang sekitar 400 dibandingkan edisi paling awal. Selain itu, dokumen pendukung yang merinci keterampilan dan profesi spesifik telah diperbarui tiga kali sejak diterbitkan pada tahun 2012.

Ketika mengumumkan rencana penambahan pekerjaan terbaru bulan lalu, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial China menyatakan, pengenalan pekerjaan baru dapat lebih meningkatkan rasa profesional dari para praktisi, memungkinkan mereka mendapatkan manfaat dari kebijakan nasional yang relevan, sekaligus meningkatkan lapangan kerja.

Memiliki profesi yang diakui secara resmi memberikan beberapa keuntungan bagi orang-orang yang saat ini berada di bidang pekerjaan tersebut, serta mereka yang ingin terjun ke bidang tersebut. Hal ini menjamin suatu bentuk status resmi dan evaluasi yang tepat melalui sertifikasi oleh lembaga terkait. Hal ini memberikan individu akses terhadap manfaat seperti pelatihan kejuruan dan subsidi penilaian keterampilan.

Profesor Liu Erduo, Pakar Ketenagakerjaan dari China Institute for Employment Research (CIER), berpendapat, daftar ini membantu memberikan informasi kepada masyarakat ketika mencari pekerjaan baru, karena mereka dapat merujuk pada pekerjaan mana yang telah ditambahkan, diperbarui, atau bahkan dihapus.

Ada juga alasan yang lebih praktis. “Ketika pendudukan menjadi sah, pihak berwenang akan memantau pengumpulan pajak dengan lebih cermat,” katanya.

Dari perspektif yang lebih luas, menurutnya, hal ini bahkan dapat mengurangi angka pengangguran. “Sebelumnya, orang-orang ini bisa mengaku sebagai pengangguran, tapi mereka tidak bisa lagi melakukannya ketika profesinya sudah resmi; mereka berada di luar wilayah abu-abu,” ujar Liu.

Presiden Xi Jinping menyampaikan seruan tegas pada akhir bulan lalu agar pihak berwenang mengutamakan lapangan kerja dan penciptaan lapangan kerja, menurut laporan South China Morning Post (SCMP).

“Kita harus mengembangkan entitas bisnis baru dan model bisnis baru dengan penuh semangat, secara aktif mengembangkan profesi baru dan mengembangkan sumber pertumbuhan lapangan kerja baru,” kata Xi Jinping, setelah sesi studi Politbiro pada 27 Mei, media pemerintah melaporkan menurut SCMP.

Tingkat pengangguran perkotaan....

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement