Senin 17 Jun 2024 19:31 WIB

Profesi Live Streamer di China Kian Cemerlang, Penghasilannya tak Main-Main

China sedang mempertimbangkan profesi live streamer ke dalam daftar yang diakui.

Rep: Eva Rianti/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi live streaming. China sedang mempertimbangkan profesi live Streamer ke dalam daftar yang diakui.
Foto:

Pekerjaan Tertarget dan Pelatihan yang Lebih Baik

Selain rencana untuk mengakui profesi baru seperti pembawa acara siaran langsung, 29 klasifikasi pekerjaan baru, yang merupakan spesialisasi dalam profesi tertentu, juga diumumkan pada 24 Mei oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial. Ini termasuk peran seperti memberikan bantuan untuk manula dan pemanggang kopi.

Di bawah peran manajer fasilitas olahraga, enam peran yang terkait dengan olahraga salju, termasuk insinyur perbaikan papan seluncur salju, perencana lintasan ski, dan teknisi skate, telah ditambahkan.

Menetapkan spesialisasi ini akan meningkatkan proses ketenagakerjaan, kata Zhang Ruijia, yang bertanggung jawab atas departemen investasi di salah satu fasilitas ski terbesar di desa Hemu, yang terletak di prefektur Altay di Xinjiang.

“Ini akan lebih tepat sasaran karena pekerjaan-pekerjaan ini tidak dapat ditemukan di tempat lain kecuali di resor ski dan arena seluncur es,” kata Zhang, seraya menambahkan bahwa sebelumnya mereka hanya dapat memasang iklan pekerjaan umum dan kemudian melatih karyawan baru untuk peran tertentu setelah mereka mulai bekerja.

Dia memberi contoh dengan menggunakan salah satu peran yang lebih mapan – mekanik lift ski. “Jauh lebih mudah untuk mempekerjakan staf untuk hal ini karena ini sudah menjadi industri yang matang di China. Kami cukup mencantumkan pekerjaan spesifiknya sebagaimana adanya,” kata Zhang.

Zhang, yang bekerja sama dengan sekolah kejuruan yang menawarkan jurusan terkait fasilitas salju, juga menunjukkan bahwa memiliki indikasi profesi yang jelas membantu siswa mencapai peran karir ideal mereka.

Mengenali lebih banyak profesi dan jenis pekerjaan juga memberikan peluang pelatihan yang lebih baik untuk peran-peran tersebut, menurut Prof Liu dari CIER. Karena perusahaan atau individu yang memberikan pelatihan untuk pekerjaan baru dapat memiliki akses yang lebih mudah terhadap pendanaan dan persetujuan yang lebih cepat.

Yang Wenwen, pendiri Xinlu Education Consultancy, yang menyediakan pelatihan bagi pembawa acara siaran langsung secara online dan di tempat, juga menyampaikan hal yang sama.

“Pelatihan online itu mudah, tapi yang menjual produk perlu jaringan di tempat. Dengan diakuinya profesi ini, akan lebih mudah untuk mendapatkan izin untuk lokasi fisik,” kata dia.

 Para livestreamer juga bisa....

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement