Selasa 18 Jun 2024 10:23 WIB

Dapat Aduan Ada Jamaah tak Dapat Tenda, Gus Men 'Gusur' Tenda Masyariq

Gus Men akan tetap melakukan evaluasi terkait kekurangan layanan terhadap jamaah.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Foto: dok kemenag
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas atau yang biasa dipanggil Gus Men menegaskan bahwa pihaknya menjamin akan mengevaluasi seluruh layanan haji tahun ini.

"Semua kita akan evaluasi, tidak ada yang tidak kita evaluasi demi perbaikan layanan jamaah, itu poinnya," ujar Gus Men saat ditemui usai melontar jumrah di Jamarat, Mina, Makkah,  Arab Saudi, Selasa (18/6/2024).

Baca Juga

Ketika ada masalah terkait layanan, Gus Men juga akan langsung berupaya memberikan respons cepat. Misalnya, saat mendapatkan aduan dari jamaah kloter Kuala Namu Medan (KNO) yang tidak mendapatkan tenda, Gus Men langsung mendesak masyariq agar menyediakan tenda.

photo
Jamaah haji beristirahat di tenda kemah Mina saat menunaikan ibadah haji, dekat kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat, 14 Juni 2024. - (AP Photo/Rafiq Maqbool)

"Kita langsung eksekusi. Kita mintakan pada masyariq untuk tenda mereka kita pakai. Hari ini kita menggusur tendanya perusahaan masyariq untuk dipakai oleh jamaah kita. Alhamdulillah bisa," jelas Gus Men.

Hal ini disampaikan Gus Men menyusul adanya laporan matinya AC di tenda jamaah haji saat wukuf di Arafah. Menurut menag,  rata-rata jamaah haji Indonesia merasa puas dengan layanan puncak haji. Kendati demikian, Gus Men akan tetap melakukan evaluasi terkait kekurangan layanan terhadap jamaah.

"Ini kan evaluasi-evaluasi yang sifatnya responsif, tetapi ke depan supaya layanan jamaah lebih baik tentu butuh evaluasi yang lebih komprehensif," kata Gus Men.

"Meskipun jamaah merasakan layanan yang sangat memuaskan tapi bagi kami tetap harus ada evaluasi, apapun harus dievaluasi dan evaluasi itu harus berbasis pada data," ucap Gus Men."Jadi termasuk katanya AC mati, di mana AC mati, kita akan segera evaluasi," kata dia.

Demi kebaikan penyelenggaraan ibadah haji, Gus Men juga tidak menolak kritik atau saran. Pada intinya, dia menjelaskan, hal tersebut untuk kenyamanan jamaah haji Indonesia untuk beribadah.

"Kita senang ada pengawasan, ada masukan, ada kritik, ada saran, saya kira ujungnya adalah bagaimana jamaah merasakan kepuasan layanan dari pemerintah, jamaah bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan nyaman dan tenang, pulang dengan membawa predikat haji mabrur," jelas dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement