Selasa 25 Jun 2024 20:34 WIB

Kredivo: Proporsi Transaksi Paylater Offline Capai 27,7 Persen pada 2023

Paylater juga masuk ke dalam tiga besar metode pembayaran paling populer di online.

Red: Friska Yolandha
Metode pembayaran paylater (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Metode pembayaran paylater (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riset Kredivo bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa proporsi jumlah transaksi paylater di merchant offline mencapai 27,7 persen terhadap total transaksi paylater pada 2023. Angka tersebut meningkat hingga 169 persen, dari sebelumnya 11,6 persen pada 2022.

Sementara kontribusi nilai transaksi paylater di merchant offline pada 2023 juga tercatat meningkat 110 persen, dari sebelumnya 13,2 persen di tahun 2022 menjadi 23,9 persen di tahun 2023 terhadap total nilai transaksi.

Baca Juga

"Temuan yang cukup menarik dari riset adalah 27 persen (proporsi) penggunaan paylater ini untuk berbelanja secara offline. Jadi ini sangat signifikan dibanding 2021-2022, ada peningkatan yang cukup drastis," kata Executive Director KIC Adek Media Roza di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Kredivo dan KIC mencatat, persentase jumlah pengguna paylater untuk transaksi offline pada 2023 meningkat signifikan 103 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dari 17,1 persen di tahun 2022 menjadi 30,9 persen di tahun 2023.

Pengguna paylater yang berusia 26-35 tahun masih menjadi kelompok dengan jumlah transaksi terbanyak dengan proporsi sebesar 44,6 persen di tahun 2023.

Namun, jumlah transaksi pada kelompok usia 36 tahun ke atas juga tercatat konsisten meningkat dalam tiga tahun terakhir, dengan proporsi dari sebelumnya 27,4 persen pada 2021 dan 31 persen pada 2022 menjadi 31,9 persen pada 2023.

Menurut riset, kota-kota tier 2 dan 3 mendominasi jumlah transaksi paylater di merchant offline dengan jumlah persentase sebesar 53,1 persen dibandingkan dengan kota-kota tier 1.

Adopsi paylater pada transaksi offline menjadi pilihan bagi masyarakat di tier 2 dan 3 untuk dapat tetap berbelanja menggunakan paylater tanpa hambatan infrastruktur digital dan tingginya ongkos kirim. Kondisi ini, catat Kredivo, menjadi peluang bagi merchant offline dan penyedia layanan paylater untuk memperbanyak kerja sama dalam mengintegrasikan layanan keuangan kredit digital.

Menurut Kredivo, masyarakat semakin sering berbelanja secara offline karena dipicu keinginan untuk mencoba produk sebelum membeli. Sebanyak 55,8 persen responden melaporkan peningkatan frekuensi berbelanja di merchant offline, sementara 56,1 persen menyatakan bahwa pengeluaran mereka untuk belanja offline juga meningkat.

Pertumbuhan aktivitas belanja offline ini didorong oleh kemudahan dalam memeriksa dan mencoba produk (78,8 persen) serta pengalaman belanja yang lebih personal melalui interaksi langsung dengan penjual (45,2 persen).

Meski begitu di sisi lain, transaksi paylater secara online tetap didominasi oleh kota di tier 1 dengan kontribusi sebesar 50,5 persen terhadap total transaksi di seluruh kota tier 1, 2, dan 3.

Penggunaan paylater di merchant....

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَوْ كَالَّذِيْ مَرَّ عَلٰى قَرْيَةٍ وَّهِيَ خَاوِيَةٌ عَلٰى عُرُوْشِهَاۚ قَالَ اَنّٰى يُحْيٖ هٰذِهِ اللّٰهُ بَعْدَ مَوْتِهَا ۚ فَاَمَاتَهُ اللّٰهُ مِائَةَ عَامٍ ثُمَّ بَعَثَهٗ ۗ قَالَ كَمْ لَبِثْتَ ۗ قَالَ لَبِثْتُ يَوْمًا اَوْ بَعْضَ يَوْمٍۗ قَالَ بَلْ لَّبِثْتَ مِائَةَ عَامٍ فَانْظُرْ اِلٰى طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ لَمْ يَتَسَنَّهْ ۚ وَانْظُرْ اِلٰى حِمَارِكَۗ وَلِنَجْعَلَكَ اٰيَةً لِّلنَّاسِ وَانْظُرْ اِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنْشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوْهَا لَحْمًا ۗ فَلَمَّا تَبَيَّنَ لَهٗ ۙ قَالَ اَعْلَمُ اَنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Atau seperti orang yang melewati suatu negeri yang (bangunan-bangunannya) telah roboh hingga menutupi (reruntuhan) atap-atapnya, dia berkata, “Bagaimana Allah menghidupkan kembali (negeri) ini setelah hancur?” Lalu Allah mematikannya (orang itu) selama seratus tahun, kemudian membangkitkannya (menghidupkannya) kembali. Dan (Allah) bertanya, “Berapa lama engkau tinggal (di sini)?” Dia (orang itu) menjawab, “Aku tinggal (di sini) sehari atau setengah hari.” Allah berfirman, “Tidak! Engkau telah tinggal seratus tahun. Lihatlah makanan dan minumanmu yang belum berubah, tetapi lihatlah keledaimu (yang telah menjadi tulang belulang). Dan agar Kami jadikan engkau tanda kekuasaan Kami bagi manusia. Lihatlah tulang belulang (keledai itu), bagaimana Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging.” Maka ketika telah nyata baginya, dia pun berkata, “Saya mengetahui bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

(QS. Al-Baqarah ayat 259)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement