Rabu 03 Jul 2024 16:49 WIB

Ketika Setan Menyarankan Baca Ayat Kursi

Setan yang berwujud manusia ini sempat diringkus oleh Abu Hurairah.

Red: Hasanul Rizqa
Ayat Kursi
Foto:

Abu Hurairah mulai curiga, mengapa si penyusup terus melakukan perbuatannya itu. “Nanti malam, aku tidak akan lepaskan dia!” katanya.

Benar saja. Pada malam ketiga, penyusup yang sama datang lagi dan lagi-lagi berusaha mencuri gandum hasil zakat!

Abu Hurairah lantas menangkap dia. "Kali ini, kau tak akan kulepaskan!" katanya.

Namun, penyusup itu meminta kepada Abu Hurairah agar diberi waktu untuk berbicara, sebentar saja. “Hai Abu Hurairah," katanya, "maukah kamu saya beri amalan-amalan?”

Abu Hurairah syok. “Ini maling kok mau memberi tahu amalan-amalan. Jangan-jangan dia seorang yang alim,” pikirnya.

“Amalan apakah yang kau maksud itu?” tanya sahabat Nabi itu.

Si penyusup tadi menjawab, “Bacalah ayat Kursi sebelum engkau tidur, maka Allah akan menjaga kamu semalaman dari godaan setan.”

Dalam hati, Abu Hurairah berkata, “Orang ini benar-benar seorang alim." Ia pun melepaskan dan membiarkan pergi lelaki misterius itu.

Esok harinya, Rasulullah SAW kembali menanyakan hal yang sama kepada Abu Hurairah. Kali ini, sang sahabat Nabi menceritakan bahwa si penyusup telah memberikan amalan kepadanya. Karena itu, orang tadi dilepaskannya.

“Amalan apakah itu?” tanya Nabi SAW.

Abu Hurairah menjawab seperti yang dikatakan orang misterius itu tadi malam.

“Amalan yang dia berikan itu benar, tetapi dia sendiri adalah pembohong,” ujar Rasulullah SAW.

Melihat Abu Hurairah masih bingung, Nabi SAW menjelaskan maksudnya.

"Tahukah kamu siapakah yang datang tiga malam berturut-turut itu?”

"Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui," jawab Abu Hurairah.

“Dia itu adalah setan.”

KH Ali Mustafa Ya’qub mengomentari kisah yang termuat dalam kitab Shahih al-Bukhari itu. Menurut dia, riwayat tersebut memiliki banyak pelajaran.

Pertama, setan ternyata dapat menjelma menjadi manusia. Kedua, dalam rangka mengecoh dan mencari korban, setan dapat menjelma menjadi seorang yang kelihatannya saleh atau alim. Maka, jangan terkecoh penampilan.

Selanjutnya, kalau sebuah ibadah dilakukan tidak dalam rangka menjalankan perintah Allah dan atau Rasul-Nya, maka ibadah itu bukan lagi lillahi Ta'ala.

Dalam kasus Abu Hurairah, ia diberitahu Rasulullah SAW bahwa wiridan yang disampaikan si setan adalah benar. Jadi, pada akhirnya sang sahabat Nabi melakukan amalan tersebut bukan karena mengikuti perintah setan, tetapi dengan arahan beliau

Berikut ini adalah Ayat Kursi, yakni Alquran surah al-Baqarah ayat ke-255

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ  لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

Artinya, "Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya.

Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar."

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement