Ahad 21 Jul 2024 08:20 WIB

Demokrat Resmi Usung Kader PDIP pada Pilwakot Surabaya

Ketum AHY menyerahkan surat rekomendasi Demokrat kepada Eri Cahyadi-Armuji.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kedua kiri) bersama Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (kanan).
Foto: Dok Republika
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kedua kiri) bersama Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Partai Demokrat resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota pejawat (incumbent) Eri Cahyadi-Armuji untuk maju Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Surabaya. Eri-Armuji merupakan kader PDIP yang menjabat wali kota dan wakil wali kota Surabaya periode 2021-2024.

Eri juga merupakan kuliah Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam program doktoral Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Sekretaris DPC Demokrat Kota Surabaya, Junaidi menjelaskan, rekomendasi untuk pasangan Eri-Armuji sudah diserahkan langsung oleh Ketua Umum AHY di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2024).

Baca: AHY dan Wali Kota Surabaya Ternyata Teman Kuliah S3 di Unair

"Sudah diserahkan rekomendasinya kepada Pak Eri dan Pak Armuji oleh ketua umum kami di kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu," kata Junaidi saat dihubungi di Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Setelah penyerahan, kata Junaidi, DPC Partai Demokrat Kota Surabaya akan melakukan rapat untuk menggodok hasil rekomendasi yang nantinya dituangkan di dalam rancangan strategi pemenangan pasangan Eri-Armuji. "Kami patuh dan tunduk, siap menjalankan hasil penyerahan rekomendasi bersama mesin Partai Demokrat, baik tingkat pengurus anak cabang, ranting, dan DPC."

Baca: Mengenal Ajudan Menteri AHY dari Kostrad, Lettu Inf Pandu Qisti

Terkait pembentukan tim pemenangan, menurut Junaidi, hal itu masih menunggu perkembangan dinamika politik di Kota Surabaya. Artinya, sambung dia, menunggu berapa jumlah partai yang nantinya akan menyusul memberikan rekomendasi kepada pasangan petahana tersebut.

Selain dari Demokrat, rekomendasi dalam format paket atau pasangan untuk Eri-Armuji sudah terlebih dahulu diserahkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). "Mudah-mudahan partai yang merekomendasikan bisa berkembang jumlahnya untuk bersama-sama mendukung Eri-Armuji," kata Junaidi.

Menurut Junaidi, alasan Demokrat memberikan rekomendasi kepada pasangan pejawat itu didasarkan hasil survei internal. "Pertimbangan dari rekomendasi ini melihat dari hasil survei Pak Eri Cahyadi bersama Pak Armuji bisa dikatakan menang, standing point-nya di situ," tuturnya.

Selain itu, Junaidi juga memantau kinerja pembangunan Kota Surabaya di bawah kepemimpinan Eri-Armuji yang dinilai berjalan memuaskan. Karena itu, Demokrat mendorong agar pasangan tersebut patut melanjutkan kepemimpinan di periode berikutnya. 

"Banyak program kerakyatan yang menyentuh secara langsung kepada masyarakat, sehingga banyak penghargaan penghargaan diraih Kota Surabaya dari pemerintah pusat," kata Junaidi.

Dia memastikan seluruh kader partai berlogo bintang mercy akan berjuang memenangkan Eri-Armuji di Pilkada Surabaya pada 27 November 2024. "Kami tunduk dan patuh memenangkan pasangan Eri-Armuji," ucap Junaidi.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ ۘاِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۚوَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ ۚوَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِيْ وَتُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 110)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement