Selasa 23 Jul 2024 14:39 WIB

Dikaitkan dengan Institut Leimena dan NGO Pro-Israel, Ini Klarifikasi Alkhairaat

PB Alkhairaat mengaku 'kecolongan' bahwa Institut Leimena terkait NGO pro-Israel.

Rep: Muhyiddin/ Red: Hasanul Rizqa
Mitra Leimena
Foto:

Sebelumnya diberitakan, Alkhairaat Palu Sulawesi Tengah dan Universitas Alkhairaat Palu, Sulawesi Tengah, masuk dalam daftar lembaga mitra Institut Leimena. Diketahui, lembaga non-profit yang berdiri sejak 2005 ini aktif berkolaborasi dengan American Jewish Committee (AJC), sebuah NGO yang jelas-jelas menyuarakan dukungan terhadap Israel.

Selama setahun terakhir, AJC telah bekerja sama dengan Institut Leimena untuk mengajarkan kelas “Pengantar Yudaisme” selama tiga jam kepada para pendidik agama di Indonesia, termasuk sesi “Tanya Apa Saja.” Ini sebagai bagian dari program sertifikat Cross Cultural Religious Literacy (CCRL) atau Literasi Keagamaan Lintas Budaya (LKLB).

“Pada tahun pertamanya saja, pelatihan CCRL telah menjangkau lebih dari 2.400 pendidik agama di 34 provinsi di Indonesia,” kata Dr Ari Gordon, Direktur Bidang Hubungan Muslim-Yahudi AJC, seperti dikutip dari laman Jewishlink.news.

Dilansir dari laman resminya, American Jewish Committee atau AJC merupakan sebuah lembaga yang "mendukung hak Israel untuk eksis dalam perdamaian dan keamanan." Uniknya, AJC didirikan jauh sebelum negeri zionis itu ada, yakni pada 11 November 1906. Mengutip New York Times, AJC adalah "puncak organisasi-organisasi Yahudi yang ada di Amerika."

Bukan hanya di Amerika Serikat (AS), organisasi tersebut juga melebarkan sayap hingga ke pelbagai wilayah, termasuk Uni Emirat Arab, Jerman dan Israel sendiri. Menanggapi tragedi di Jalur Gaza yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023 hingga kini, AJC secara implisit menilai peristiwa itu bukan sebagai genosida, melainkan disebabkan oleh serangan Hamas. Itu dinilainya sebagai "pembantaian terburuk yang menimpa kaum Yahudi sejak Holocaust."

photo
Tangkapan layar laman AJC. - (dok AJC)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement